Steven Kandouw: Musik Kolintang adalah Budaya Minahasa!

Musik Kolintang jangan sampai punah termakan saman
Sebagai warisan budaya Minahasa, Musik Kolintang jangan sampai punah termakan saman/ist

MANADO, MANADONEWS – Musik Kolintang adalah aset daerah Sulawesi Utara (Sulut) yang wajib dilestarikan oleh setiap generasi sampai kapanpun.

Dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Steven Kandouw, meski mengalami pasang surut, apapun kata orang, yang pasti musik Kolintang sangat luar biasa.

“Budaya adalah identitas kita dan Kolintang adalah budaya Minahasa – Sulawesi Utara! Untuk itu, mari kita lestarikan,” tandas Kandouw dalam sambutan yang dibacakan Kadispar Happy Joy Korah pada Seminar seni budaya yang bertemakan “Keunikan Kolintang Berbahan Kayu Wanderan,” di Hotel Peninsula, Manado, yang digelar Yayasan Alfred Sundah.

Sikap wajib melestarikan musik Kolintang, kata Wagub, selain merupakan budaya tradisi Minahasa, untuk menangkal sikap Malaysia yang mulai mengklaim bahwa Kolintang berasal dari sana.

“Nah ini yang harus kita jawab. Makanya Pemprov mengimbau, setiap hotel dan restoran wajib memutar dan memperdengarkan musik Kolintang sebagai salah satu upaya melestarikannya,” tukas Kandouw mengingatkan.

Fian

Baca Juga:  Pemprov Sulut Raih Penghargaan dari Kementerian PUPR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *