Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPemerintahanTotabuan

152,5 M Dandes Siap di Kucurkan

×

152,5 M Dandes Siap di Kucurkan

Sebarkan artikel ini

 

MANTOS MANTOS

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Kabar gembira bagi 200 desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong ).Pasalnya, sebanyak 152,5 Miliar Dana Desa ( Dandes ) tahun anggaran 2017 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan siap disalurkan.

Albert Tangkere,Kepala Dinas ( Kadis ) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ) Bolmong mengatakan, pihaknya sudah mengajukan berkas pendukung untuk pencairan Dandes, untuk 200 Desa ini.” Semua ini mengacu pada Peraturan Menteri Desa ( Permendes ) nomor 22 tahun 2017 dan Peraturan Bupati ( Perbup ) Bolmong, tentang penggunaan dana desa,” ujar Tangkere.

Dirinya menjelaskan,untuk pencairan Dandes tahun ini harus merujuk pada 8 sumber pendapatan yang ada di Desa.”Setiap perangkat desa harus mengikuti mekanisme dan aturan yang berlaku,sebab rujukannya sudah ada dan jelas ” tambahnya

Baca Juga:  Susetyo Serahkan Piagam Penghargaan Kapolda Sulut Kepada Personil Res Sangihe dan Tomas

Tangkere menjelaskan pula,bahwa Perbup pencairan Dandes sudah ada dan sudah ditandatangani oleh Bupati. “Mudah-mudahan pekan depan sudah jalan. Untuk mekanisme pencairannya tidak ribet lagi, Perangkat Desa hanya membawa dokumen pendukung ke PMD, baik itu APBDes maupun lainnya. Kemudian PMD akan memeriksa kelengkapan, setelah itu langsung ke Bank untuk proses pencairannya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Adrianus Nikson Watung menghimbau,pengelolaan Dandes harus transparan.Menurutnya, ini harus dikelola dengan bijaksana, transparan, serta menggunakan prinsip hemat, terarah dan terkendali.

” Anggaran Dandes harus sesuai peruntukannya, yaitu pembangunan infrastruktur desa. Seperti pembuatan jalan desa, saluran air, fasilitas air minum, maupun pembangunan fasilitas fisik lainnya. Jangan digeser dipenyelenggaraan desa ” pungkas Watung.
( steven rapar )

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *