Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaKelautan & PerikananLingkungan HidupPemerintahanPolitikTotabuan

Masyarakat Sekitar Tuntut PT CONCH di Tutup

×

Masyarakat Sekitar Tuntut PT CONCH di Tutup

Sebarkan artikel ini

 

MANTOS MANTOS

 

BOLMONG,MANADONEWS,-.Polemik yang terjadi di PT CONCH yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bolmong ) tidak ada habis-habisnya,kali ini ratusan orang yang tergabung dari petani, buruh , nelayan dan pemilk lahan atau aliansi lingkar tambang di seputaran perusahaan yang bergerak di pembuatan semen tersebut mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Bolmong untuk melakukan aksi demo,kamis ( 4/5 ).

Hilman Makalunsenge Kordinator Lapangan ( Korlap ) mengatakan, aksi demo ini hanya menuntut kejelasan pansus yang telah disepakati bersama dengan DPRD dua minggu yang lalu

” Kami datang disini untuk menagih janji kepada Anggota Legislatif ( Aleg ) terkait pansus yang kabarnya akan dilakukan hari ini “ujar Hilman.

Dirinya menambahkan,perjuangan untuk kesejahteraan dan kedilan rakyat serta kedaulatan atas Sumber Daya Alam ( SDM ). Isinya merupakan sebuah keniscayaan yang harus dipenuhi oleh Negara sesuai dengan amanah UU Dasar 1945, maka dari itu aliansi ini meminta DPRD untuk segera menutup perusahaan tersebut.

” Coba baca pasal 33 UU 1945, sehingga ini kemudian menjadi kerangka dasar Negara dalam melindungi rakyatnya dari cengkraman korporasi asing. Yang menjadikan rakyat sebagai alat produksi untuk mengeruk keuntungan besar tanpa memperhatikan nasib rakyat “jelasnya.

Hilman juga menuturkan,PT CONCH yang ada di Bolmong merupakan bukti nyata kelalaian negara dalam hal ini Pemda Bolmong, baik lembaga Eksekutif maupun Legislatif,yang berujungnya masyarakat pribumi menjadi tamu di tanah kelahiran sendiri.

” Secepatnya kami harapkan pihak Pemkab dan DPRD untuk membentuk pansus dan segera menindak semua pelanggaran yang dilakukan perusahaan asing tersebut ” tegasnya.
Sementara itu, satu diantara pendemo yang merupakan pemilik lahan,

Masih ditempat yang sama,ibu Atik salah satu pemilik lahan yang ikut berdemo mengatakan, menuntut PT Sulenco dan PT CONCH untuk segera membayar tanah miliknya yang telah di salah gunakan.

” Secepatnya,perusahaan harus membayar tanah sebesar 1,5 Hektar yang telah dijanjikan sebesar Rp 100 per meter namun belum dilunasi sampai sekarang.Tolong kasihani kami rakyat jelata,kemana lagi harus mengadu “sesalnya.

Pihak DPRD Bolmong ketika menemui pendemo melalui Ketua komisi l Yusra Alhabsy menyampaikan,pihaknya akan secepatnya menindak lanjuti dengan melaksanakan sidang paripurna pembentukan pansus.

” Hari kamis ( 4/5 ) ini dipastikan akan dibentuk pansus untuk perusahaan tersebut.Namun setelah kami melaksanakan rapat paripurna LKPJ.Diharapkan buat pendemo kiranya dapat bersabar “terangnya.
( steven rapar )

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *