Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaPemerintahanPolitik

Ini Yang Dicapai OD-SK Selama Dua Tahun Pimpin Sulut

×

Ini Yang Dicapai OD-SK Selama Dua Tahun Pimpin Sulut

Sebarkan artikel ini

 

MANADONEWS-,.

MANTOS MANTOS

Ku naikkan syukurku,
Buat hari yang Kau b’ri,
Tak habis-habisnya,
Kasih dan rahmatMU,
S’lalu baru,
Dan tak pernah terlambat PertolonganMU,
Besar setiaMU di s’panjang Hidupku….

 

Begitulah sepenggal lirik lagu rohani yang dinyanyikan secara kwartet oleh Gubernur Olly Dondokambey, Ibu Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan Ibu Devi Kandouw-Tanos dalam ibadah syukur dua tahun kepemimpinan Gubernur Olly dan Wagub Kandouw (OD-SK) yang dilaksanakan di Ruang Mapalus, Senin (12/2/2018) siang.

Mereka menyanyikannya dengan penuh penjiwaan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah menyertai kepemimpinan OD-SK atas provinsi berjulukan bumi nyiur melambai itu.

Kata demi kata dari lagu itu terasa mengena di hati. Hampir semua Aparatur Sipil Negara dari pejabat hingga staf serta tamu undangan lainnya ikut bernyanyi bersama dari tempat duduknya.

 

Syukur. Ya kata itu jugalah yang terucap dari Gubernur Olly saat menyampaikan sambutan.

“Kami bersyukur kepada Tuhan atas penyertaanNya dalam kepemimpinan OD-SK selama dua tahun ini,” ucap Olly.

Memang, tanpa terasa, dua tahun telah berlalu sejak Gubernur Olly dan Wagub Kandouw dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara untuk memimpin Sulut pada periode 2016-2021.

Gubernur Olly memahami bahwa kepercayaan dari rakyat Sulut dalam bentuk jabatan yang diemban saat ini merupakan tugas mulia. Karena di dalamnya asa dan harapan masyarakat Sulut akan kehidupan yang lebih baik sedang digantungkan.

 

Gubernur Olly bertutur, dirinya menyadari tugas yang dikerjakannya menjadi berat apabila tidak didukung segenap elemen pembangunan yang ada. Namun, sebaliknya, tugas itu menjadi sukacita syukur tersendiri, manakala mampu menyaksikan bahwa semangat dan tekadnya untuk terus memajukan Sulut disambut secara positif oleh segenap stakeholders pembangunan bangsa dari pusat hingga daerah.

“Utamanya segenap jajaran di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,” bebernya.

Lanjut Gubernur Olly, dukungan itu mampu membawa perubahan yang lebih baik dalam pembangunan Sulut selang dua tahun ini.

“Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara pada akhir tahun 2017 tumbuh sebesar 6,49% (yoy), angka ini diatas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,06%. Sementara itu, kita juga mampu menekan inflasi daerah sebesar 2,44%,” ungkap Olly.

Gubernur Olly juga menyampaikan beberapa progres pembangunan daerah lainnya sebagai salah satu bentuk akuntabilitas dan transparansi pembangunan yang sedang dikerjakan.

“Kemiskinan Sulut pun saat ini berada pada posisi 7,9%, lebih rendah dari rata-rata nasional sebesar 10,12%, Angka Pengangguran sebesar 6,12%, Gini Ratio 0,394. Angka Harapan Hidup naik menjadi 71,02, IPM juga turut naik menjadi 71,05.,” papar Olly.

Begitu juga, dalam upaya mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan bersih, kata Olly di tahun 2016 Sulut kembali mampu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Terkait pembangunan sektor infrastruktur juga, beber Olly semuanya terus dipacu.

“Rehabilitasi jalan dan jembatan sepanjang 998,613 Km di 15 Kabupaten/Kota; Pembangunan Bendungan Lolak dengan nilai kontrak sebesar Rp.830 miliyar dengan realisasi fisik sampai dengan tahun 2017 sebesar 48,83% yang ditargetkan selesai pada tahun 2019; Pembangunan Bendungan Kuwil dengan nilai kontrak Rp.1,5 triliun dengan realisasi fisik sampai dengan tahun 2017 telah mencapai 18,089% ditargetkan selesai pada tahun 2019; Pembangunan jalan tol Manado-Minahasa Utara-Bitung sepanjang 39 Km dengan realisasi fisik sampai dengan tahun 2017 sebesar 26,29%; ratio elektrifikasi juga mengalami peningkatan dari 87,39% tahun 2016 menjadi 92,47% di tahun 2017,” urainya.

Hal yang sama, terang Olly, juga sudah direalisasikan dalam sektor perhubungan dan komunikasi, disamping terus melakukan perbaikan fasilitas keselamatan berlalu lintas pada ruas jalan nasional maupun provinsi, juga telah dikerjakan beberapa program strategis.

“Pembukaan rute baru penerbangan internasional langsung dari Manado ke delapan Kota di China (PP), yakni: Makau, Guangzhou, Changsa, hongkong, Wuhan, Chengdu, Nanchang, dan Hangzhou, yang dilayani oleh maskapai penerbangan Lion Air, City Link Air dan Sriwijaya Air,” kuncinya.

Berbagai capaian kerja ini tentunya merupakan prestasi bersama yang membanggakan dan patut disyukuri, serta harus dijadikan sebagai landasan berpijak membangun Sulut dalam bentangan tahun-tahun kedepan yang telah menanti.

Oleh karenanya, menapaki awal tahun ketiga kepemimpinan OD-SK ini, Gubernur Olly mengajak seluruh ASN dan masyarakat bersama-sama bekerja dalam bingkai kesadaran dan semangat bahwa ”Torang Samua Ciptaan Tuhan” demi percepatan terwujudnya Sulawesi Utara yang Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Politik, dan Berkepribadian Dalam Budaya.
( tim mn )

 

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *