Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaPemerintahanPertanianTotabuan

Esok, Distan Bolmong Periksa Kesehatan Hewan Kurban

×

Esok, Distan Bolmong Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Sebarkan artikel ini

Kabid Produksi Perternakan Bolmong, Mohamad Samsudin. (foto/mn)

BOLMONG,MANADONEWS,-.Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pertanian (Distan) merencanakan akan melakukan pemeriksaan kesehatan fisik kepada hewan kurban yang akan digunakan pada Idul Adha, Rabu (22/8).

MANTOS MANTOS

Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Produksi Perternakan, Mohamad Samsudin, Senin (20/8) siang di ruang kerja. Menurutnya, sebelum Hewan kurban disembelih, maka kesehatannya harus diperiksa terlebih dahulu.

“Esok, kami akan melakukan pemeriksaan fisik ke hewan kurban. Nantinya hewan yang akan diperiksa itu yakni hewan kurban yang telah disumbangkan para donatur ke Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bolmong, dan bertempat di Kantor Bupati,” ujar Samsudin.

Lanjutnya, pemeriksaan hewan kurban rutin dilakukan setiap tahun, mengingat hewan yang disembelih tersebut akan dikomsumsi para wajib penerima daging kurban.

“Ini perlu dan sudah kaidah agama, dikarenakan setiap hewan kurban itu harus sehat dan tidak cacat, maka perlu pemeriksaan kesehatan juga fisik hewan tersebut,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan fisik hewan kurban katanya, secara menyeluruh untuk wilayah bolmong, pihaknya telah berkordinasi dengan PPL dan juga menurunkan petugas dari pertenakan.

“Kami kekurangan petugas dari Bidang Pertenakan, tapi itu bukan menjadi kendala juga karena untuk 15 Kecamatan di bolmong sudah berkoordinasi penyuluh dan semua petugas di bidang saya dilibatkan ke masing-masing kecamatan, dipastikan semua wilayah dapat diperiksa kesehatan hewan kurban,” katanya.

Ditambahkannya, jika ada hewan kurban yang didapat mengalami kekurangan fisik dan tidak sehat. Pihak Bidang Produksi Perternakan ini akan merekomendasikan hal tersebut.

“Jika ditemui di lapangan ada hewan tidak sehat berupa hati hewan ataupun cacat fisik, maka akan direkomendasikan ke panitia pelaksana agar bagian yang rusak tersebut jangan di bagikan,” tutupnya.
(stvn)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *