Terkait Demo Ratusan Petani, Pemda Bolmong Siap Panggil PT ASI

oleh

Pendemo saat diterima Pemkab Bolmong

 

BOLMONG,MANADONEWS – Aksi Demonstrasi Ratusan petani dan warga yang bertempat tinggal di area PT Anugerah Sulawesi Indah (ASI) memadati Kantor Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (11/10/2018).

Aksi ini sempat menyedot perhatian sejumlah pegawai pemda, pasalnya ratusan masyarakat yang berprofesi sebagai petani ini, memprotes sikap PT Anugerah Sulawesi Indah untuk tidak menanam sawit di lahan produktif.

Dalam orasi tersebut Kordinator aksi Demo Indra Wongkar meminta kepada Pemkab Bolmong untuk secepatnya menghentikan aktivitas perusahaan tersebut.

“Kami tidak menolak penanaman kelapa sawit, hanya saja Jika penanaman kelapa sawit itu ditanam dilahan produktif jelas kami menolak,” tegasnya.

Ditambahkanya lagi bahwa saat ini ada 650 hektar lahan yang dikelola oleh perusahaan ini tanpa melibatkan masyarakat, serta ada beberapa desa yang menjadi lahan penanaman kelapa sawit seperti Desa Lolak 2, Desa Tumbolango, dan Desa Maelang.

“Kami minta perusahaan untuk memberdayakan petani, karena sudah berpuluh tahun masyarakat yang mengelolah lahan-lahan tersebut,” kata Indra.

Baca Juga:  DPRD Bolmong Kunjungi DKP Sulut

Sementara itu (Plh), Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, B Derek Panambunan, yang saat itu menerima ratusan petani yang melakukan demo mengatakan bahwa Pemkab Bolmong masih akan melakukan kajian lebih lanjut terkait permintaan petani tersebut.

“Pemerintah daerah akan memanggil pihak PT ASI dan akan mempertanyakan terkait permintaan masyarakat dan nanti hasilnya akan disampaikan ke masyarakat. Tetapi permintaan masyarakat ini akan dikaji terlebih dahulu apakah dapat di akomodir atau tidak sebab Jangan sampai permintaan ini bertentangan dengan aturan,”pungkasnya. (David).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *