Dandes ‘Salah Arah’, Yasti Minta Warga Laporkan

Ilustrasi

BOLMONG, MANADONEWS, -Terkait Penggunaan Dana Desa, Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, mengajak masyarakat untuk turut serta mengawal Dana Desa (Dandes) yang ada disetiap desanya masing-masing.

“Harapan saya agar kiranya warga masyarakat dapat berpartisipasi, melakukan pengawalan Dandes sejak perencanaan sampai pelaporan penggunaan Dandes,” ungkap Bupati saat meresmikan  Balai Desa Lolayan, Kecamatan Lolayan, Senin (3/12).

Dikatakanya, Pengawasan Dandes dapat dilakukan masyarakat dengan cara melaporkan jika terjadi penyalahgunaan peruntukan dana desa tersebut.

“Saya minta kepada masyarakat agar melaporkan jika terdapat penyalahgunaan Dandes. Perlu saya ingatkan bahwa, Dandes dengan berbagai bentuknya bukan milik pribadi atau perseorangan,” tegas Yasti.

Selain itu juga agar program-program pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak tumpang tindih, Yasti meminta kepada pihak PT JRBM agar dapat memberikan data terkait berbagai program yang telah dilaksanakan di desa-desa lingkar tambang, sehingga pemerintah daerah (Pemda) Bolmong dapat disinkronkan dengan program-program tersebut.

“Jangan sampai pelaksanaan pembangunan melalui dana CSR PT JRBM akan dianggarkan kembali melalui Dandes,” terangnya.

Baca Juga:  Tiga Malam di Laut Bolmong, Hasan Ditemukan Tak Bernyawa

Sementara itu, Kepala Inspektorat Bolmong Rio Lombone mengatakan, saat ini pihaknya membuka layanan pengaduan dari masyarakat, terkait pengelolaan Dandes dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Tujuan dibukanya layanan ini, adalah agar kepala desa dapat mengelola anggaran dengan lebih berhati-hati sehingga apabila ada pelanggaran masyarakat dapat melaporkanya “tuturnya.(David)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *