walikota Tomohon Pantau Harga Bapok Dipasar

Tomohon manadonews.co.id

Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) memantau langsung ketersediaan bahan pokok (Bapok) dan stabilitas harga menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru di Pasar Beriman Tomohon, Kamis (13/12/2018).

Didampingi Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP, Inspektur Kota Ir Djoike Karouw Msi dan PD Pasar Tomohon, Wali Kota Eman berdialog langsung dengan para pedagang dan pengunjung sarana jual beli tradisional, yang dikenal dengan Pasar Ekstrim ini.

Usai melakukan peninjauan, Wali Kota Eman mengatakan, stok bahan kebutuhan pokok menjelang Hari Natal dan Tahun masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang di Kota Tomohon maupun dari luar daerah, terutama dari Kabupaten Minahasa yang biasa datang berbelanja di Pasar Beriman.

Mengenai harga jual Bapok,  ia mengatakan bajwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang untuk menyeragamkan harga yang ada sehingga tidak ada perbedaan harga yang signifikan.

“Tak hanya itu, dari hasil sidak kami penimbunan bahan pokok dipastikan di Kota Tomohon sejauh ini belum ditemukan dan kita telah menggandeng pihak terkait yaitu kepolisian untuk membantu jika nanti didapatkan ada pedagang yang ingin main-main dengan hal ini, apabila demikian kami akan menindak secara tegas,” kata Eman.

Baca Juga:  PAMI Sulut Minta BNI Jangan Bersaing Dengan BSGo

Soal permintaan adanya kebijakan Pemkot memberikan dispensasi kepada petani untuk menjual langsung hasil panen mereka di pasar khusus selang bulan Desember ini, menurut dia, akan koordinasikan dengan PD Pasar.

Wali Kota Eman mengakui permintaan petani tersebut akan sangat membantu memperlancar pemenuhan kebutuhan masyarakat, sekaligus proses jual beli yang dipastikan meninkat tajam setiap menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Saya mengucapkan terimakasih bagi masyarakat non Kristen yang turut meramaikan perayaan ini lewat berjualan kue natal ataupun juga berbagai bahan pokok, inilah yang menunjukan bahwa tingkat toleransi di daerah kita ini begitu besar,” tandasnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin langsung mengetahui harga bahan pokok boleh melihat langsung di Posko Pemantauan Stok dan Harga Pangan Dalam Rangka Hari Natal 2018 yang disiapkam oleh Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon.

Wali Kota juga memastikan bahwa bahan-bahan dalam kemasan yang di jual tidak ada produk yang kadaluwarsa.

Untuk diketahui harga pangan utama per kilogram di Kota Tomohon dalam keadaan stabil sebagai berikut; Beras Premium (Superwin) Rp 12.000, Beras Medium (Membramo) Rp 11.000, Bawang Merah Rp 38.000, Cabe Rawit Rp 50.000.

Baca Juga:  Bupati Kamaru : Harus Team Work Dalam Satu Komando

Minyak Goreng Rp 10.000, Gula Pasir Rp 12.000, Telur Ayam Ras Rp 56.000, Daging Babi Rp 60.000, Daging Sapi Rp 110.000, Ikan Mujair Rp 35.000, Daging Ayam Ras Rp 40.000. (robby lumi)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *