KALEIDOSKOP PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI UTARA TAHUN 2018

oleh -77 views

VISI SULAWESI UTARA 2016-2021

Sulawesi Utara Yang Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Politik Serta Berkepribadian dalam Budaya.

MISI SULAWESI UTARA 2016-2021

1. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor pertanian dan
sumberdaya kemaritiman, serta mendorong sektor industry dan jasa;
2. Memantapkan pembangunan sumberdaya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing;
3. Mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing;
4. Mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri;
5. Memantapkan pembangunan insfrastuktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan;
6. Mewujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur;
7. Mewujudkan Sulawesi Utara yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Menjelang Tahun ketiga Kepemimpinan Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven O. E. Kandouw sebagai Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur Sulut perubahan Provinsi Sulawesi Utara dari tahun-ketahun semakin hebat.

Prestasi-prestasi spektakuler disajikan
kepada rakyat melalui program dan kegiatan yang disusun dalam rangka peningkatan kesejahteraan disegala bidang.

01 Januari 2018, bertempat di Wisma Gubernur Bumi Beringin, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE mengadakan Open House dan menerima tamu dari seluruh penjuru Sulawesi Utara dalam rangka perayaan Tahun Baru 2018, tampak turut bersilahturahmi Para Bupati/Walikota se Provinsi Sulawesi Utara beserta jajarannya, kepala instansi vertikal, pejabat TNI dan Polri, pejabat Struktural eselon 2 bersama keluarga, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh politik, masyarakat awam dan lapisan masyarakat lainnya.

4 Januari 2018, Perayaan Natal dan Tahun Baru Kerukunan Keluarga Pendeta dan Guru Agama (KKPGA) Sinode GMIM yang dilaksanakan di Auditorium Mapalus, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menegaskan pentingnya peran tokoh agama dalam memajukan pembangunan di Sulawesi Utara. Bukan saja pembangunan bidang pembinaan keagamaan tetapi meliputi bidang pembangunan secara keseluruhan. Gubernur Olly juga menerangkan, perayaan natal dan tahun baru pendeta dan guru agama sinode GMIM ini sekaligus menjadi ajang untuk memperkuat tali silaturahmi dengan Pemprov Sulut.

11 Januari 2018, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Bapak Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw, menandatangani Kerjasama Penguatan Fungsi dan Pelestarian Taman Nasional Bunaken, di Balai Pengembangan dan Penelitian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Taman Laut Bunaken Manado. Pemerintah bertekad untuk menjaga dan melestarikan Taman Laut Bunaken sebagi salah satu Icon Pariwisata Indonesia.

20 Januari 2018, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E. Kandouw meresmikan Gereja Katolik Paroki Santa Maria Ratu Damai di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud yang dihadiri Uskup Manado MGR. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC. Wagub Kandouw mengatakan gereja harus berperan sebagai saluran kasih kepada masyarakat.

27 Januari 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE. Lakukan MoU Dengan Bank  SulutGo dan Dinas Pendidikan Daerah Sulut terkait Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2018 di Sulawesi Utara yang berjumlah Rp. 405 Miliar. Gubernur Sulut Olly Dondokambey meminta agar penyaluran sesuai mekanisme dan aturan yang ada.

26 Januari 2018, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E Kandouw Lantik dan kukuhkan Pejabat Eselon II Pemprov Sulut di Ruang Rapat C. J. Rantung, Kantor Gubernur.

28 Januari 2018, Wakil Duta Besar Mr. Sun Weide bertemu dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE di Kolongan Minahasa Utara membahas proyek pengembangan industri pariwisata Likupang Tourism District.

2 Februari 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE memimpin Rapat Koordinasi Pembangunan dan Evaluasi Hasil Rapat Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) kabupaten dan kota Tahun 2018 di Graha Gubernuran Bumi Beringin. Gubernur Olly Dondokambey, SE mengatakan seluruh pembangunan dilaksanakan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara yang berada di 15 kabupaten dan kota.

2 Februari 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama DPDR Sulut, menggelar pengambilan keputusan terhadap Ranperda Tentang Perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa H.V Worang, serta Penetapan Propemperda Tahun 2018. Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, diajukannya rancangan peraturan daerah tentang perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan Tahura Gunung Tumpa adalah bagian dari komitmen pemerintah daerah.

8 Februari 2018, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet bertemu dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE di Kolongan, Minahasa Utara. Untuk membahas sejumlah topik antara lain sektor energi, perhubungan, pariwisata dan pendidikan.

9 Februari 2018, Pemerintah Provinsi  Sulawesi Utara menggelar Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas. Pengukuhan dan Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O. E. Kandouw, di Aula CJ. Rantung Kantor Gubernur Sulut. Adapun rincian jumlah pejabat yang dilantik, Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama : 13 orang Jabatan Administrator : 18 orang, Jabatan Pengawas : 4 orang.

9 Februari 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE selaku Pemegang Saham Pengendali Bank SulutGo mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2017 dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT. Bank SulutGo yang dilaksanakan di Manado Bank SulutGo tetap menunjukkan pertumbuhan dan performa kinerja keuangan yang bagus.
Bahkan untuk memperkuat permodalan, para pemegang saham PT. Bank SulutGo berkomitmen menargetkan penambahan modal disetor hingga tahun 2019 sebesar Rp 150 miliar.

12 Februari 2018, genap dua tahun Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw (OD-SK) memimpin Sulawesi Utara. Program-program pembangunan Sulawesi Utara diwujudkan secara bertahap. Dimulai dengan membuat fondasi di tahun pertama dan dilanjutkan dengan tahap percepatan di tahun ke dua. OD-SK terus menunjukan kinerja dan berkarya bagi Rakyat Sulawesi Utara. Sebagai pengemban amanah rakyat dari dari Miangas hingga Pinogaluman untuk membangun Sulawesi Utara Hebat.

14 Februari 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bersama 13 Gubernur dan 74 Bupati se-Indonesia menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kegiatan peningkatan dan pengelolaan sistem irigasi melalui Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) pada forum koordinasi kebijakan di Birawa Assembly
Hall Hotel Bidakara Jakarta. Penandatanganan perjanjian hibah kegiatan IPDMIP sebagai wujud komitmen bersama dalam pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif mendorong terwujudnya kedaulatan pangan nasional.

19 Februari 2018 Dubes RI untuk Rusia Wahid Supriyadi bertemu dengan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw di ruang kerjanya membahas kerjasama perdagangan rempah rempah karena Sulut menjadi produsen hasil perkebunan Pala terbesar di Indonesia.

21 Februari 2018 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melakukan kerja sama terkait pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kerja sama dituangkan dalam rapat
koordinasi dan supervisi “Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi” yang digelar di Ruang C.J. Rantung, Rabu. Gubernur Olly Dondokambey, SE mengapresiasi peranan KPK dalam penyelenggaraan rakor itu di Sulut. Ia optimis dengan kerja sama ini dapat mencegah tindak pidana korupsi di bumi nyiur melambai.

22 Februari 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE meresmikan Gedung Kantor Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara di Manado, Orang nomor satu di bumi nyiur melambai itu optimis dengan kehadiran kantor operasional OJK yang representatif tersebut mampu meningkatkan kapasitas kerja seluruh jajaran OJK, utamanya dalam mendukung progres pembangunan perekonomian di Sulut.

27 Februari 2018, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw meluncurkan Calender of Event (CoE) North Sulawesi 2018 bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Manado.Langkah ini dinilai bagus karena bagian dari persiapan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam menyambut pariwisata 2018.

1 Maret 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE berhasil mengubah provinsi berjuluk ‘Bumi Nyiur Melambai’ itu menjadi daerah wisata diminati di Indonesia. Terbukti dari kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga akhir tahun 2017 meningkat sangat drastis hingga 321 persen jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada tahun 2015 yakni sebanyak 27.059 orang wisman. Dibukanya penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Cina ke Sulawesi Utara melalui lobi Gubernur Olly ke pemerintah pusat dan China adalah salah satu kunci dibalik keberhasilan itu.

7 Maret 2018 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menerima kunjungan kerja Ambassador of the people’s Republik of China Mr. Xiao Qian di Kolongan- Minahasa Utara. Pertemuan itu membahas sejumlah rencana kerjasama dalam bidang investasi antara pihak Provinsi Sulut dan pemerintah China, serta rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

Baca Juga:  Cegah Pelanggaran Hukum,Kumdam XIII/Merdeka Gelar Penyuluhan Hukum

19 Maret 2018, Wakil Presiden Republik  Indonesia, H. M. Jusuf Kalla membuka Sidang Majelis Sinode (SMS) Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) ke-79 yang dilaksanakan di Grand Kawanua Convention Center Manado. Pemerintah Sulawesi Utara menjadikan kegiatan ini sebagai starting point untuk memperlihatkan bawah Sulawesi Utara yang sangat majemuk baik dari sisi etnis, religi, budaya dan adat istiadat tetap menjaga kehidupan yang rukun serta harmonis, yang memberi rasa aman bagi siapa saja yang datang berkunjung di Sulawesi Utara. Kepercayaan Sulawesi Utara sebagai tuan rumah Pelaksanaan Asian Ecumenical Youth Assembly  (AEYA) 2018 ada Tanggal 7 April 2018 merupakan hasil dari kerja keras Pemerintah Sulawesi Utara dalam menciptakan suasana yang kondusif, rukun dan damai bagi kedatangan 350 anak muda Kristen di Asia untuk berkumpul, menjalin persaudaraan, dan mengembangkan jaringan ekumenis muda Asia.

8 April 2018, Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly menghadiri selebrasi paskah dalam Gelaran Asian Ecumenical Youth Assembly (AEYA) yang dilaksanakan di Lapangan Maesa Tondano Kabupaten Minahasa, yang juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw. Sikap kemajemukan yang tergambar pada selebrasi paskah merupakan gambaran Sulawesi Utara dalam menjaga kerukunan dan persaudaraan demi terciptanya kedamaian demi kemajuan bangsa.

9 April 2018 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE melakukan pertemuan
Bersama Duta Besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Harry R.J. Kandou, diruang kerja Gubernur. Gubernur Olly memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada KBRI Serbia, yang rencananya pada bulan Juli 2018 mendatang akan melaksanakan kegiatan promosi pariwisata dan kesenian Sulawesi Utara di Republik Serbia.

13 April 2018 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE Bersama panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengadakan Kunjungan Di Bandar Udara Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud. Pemerintah bertekad untuk menjaga kedaulatan negara dengan memperkuat daerah-daerah perbatasan seperti Talaud dan Miangas sebagai bagian dari negara kesatuan Republik Indonesia, dengan tujuan untuk menjaga ketentraman masyarakat di bagian utara Pulau Sulawesi.

16 April 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menghadiri menghadiri Student Revival Seminar bagi Siswa Kristen SMA/SMK Negeri/Swasta yang dilaksanakan di Auditorium Mapalus. Gubernur berpesan kepada para pelajar untuk menjauhi narkobadan pergaulan bebas. Dalam rangka meningkatkan Pertumbuhan Sulawesi Utara di sektor pariwisata serta memajukan roda perputaran di bidang ekonomi, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw mengadakan kunjungan bilateral ke Makau, Republik Rakyat Tiongkok.

Pada tanggal 19 April 2018, Pemerintah Sulawesi Utara bertekad untuk memperkenalkan sejumlah keberhasilan pembangunan yang tercipta guna menarik minat kunjungan wisatawan dan investor demi terbukanya lapangan kerja di Sulawesi Utara.

Kain Koffo adalah salah satu kain Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Sangihe Talaud. Pada tanggal 21 April 2018, kain tersebut dipromosikan oleh Ketua Umum TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir. Rita M.Dondokambey-Tamuntuan pada acara
Peringatan Hari Kartini di Halaman Istana Kepresidenan Bogor. Kain ini akan menjadi salah satu andalan Provinsi Sulawesi Utara untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

7 Mei 2018 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menandatangani perjanjian kerjasama Aparatur Pengawas Internal Pemerintah dengan Aparat Penegak Hukum (APIP-APH) Tingkat Provinsi Sulut terkait penanganan laporan atau pengaduan masyarakat yang berindikasi korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.Penandatangan kerjasama dilakukannya bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Kajati Roskanedi, SH, MH dan Wakapolda Sulut Brigjen Drs. Johny Asadoma, M.Hum bersamaan dengan 33 provinsi lainnya.

15 Mei 2018, Gubernur Sulawesi Utara  Olly Dondokambey, SE melaksanakan Teken MoU Dengan Regions 20 Asia-Pacific untuk mewujudkan Pengelolaan Sampah Modern di daerah Sulawesi Utara. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Olly Dondokambey dengan Direktur Eksekutif Regions 20 Asia-Pacific Christopher Nuttall sebagai wujud nyata Provinsi Sulawesi Utara untuk menghadirkan investor dalam
mendukung pembangunan pengelolaan  sampah ramah lingkungan. Disamping itu juga dengan hadirnya investor di Sulut, Pemerintah Provinsi dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sulawesi Utara.

Tangggal 1 Juni 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE membina generasi muda lewat Pendidikan 4 Pilar Kebangsaan sebagai tolak ukur generasi muda untuk semakin mencintai Pancasila sebagai ideologi negara. Pemerintah berusaha untuk terus meningkatkan minat belajar dari siswa-siswi yang ada di Sulut, apalagi dilihat
dari angka partisipasi kasar (APK), bagi SD pada 106,09%; SMP 106.93% dan SMA
88,22%, sedangkan angka partisipasi murni (APM) SD 89,93%; SMP 76,19% dan SMA 61,97%. Begitu pula angka partisipasi sekolah (APS) usia 7-12 tahun sebesar 98,12%; usia 13-15 sebesar 88,50% dan usia 16-18 sebesar 68,52%. Angka putus sekolah untuk tingkat SD 0,13%, SMP 0,37% dan SMA 0,08% serta SMK 0,40%; sedangkan angka melek huruf sebesar 99,63% atau mampu menekan angka buta huruf hingga titik 0,37% dengan kontribusi rata-rata bersekolah mencapai 9,09 tahun dan tingkat kelulusan untuk SD mencapai 100% kelulusan, SMP 99,99%, SMA 99.97%, SMK 99,96%.Disamping itu juga, Penghargaan rekor muri diberikan kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE sebagai Gubernur pertama yang mengajar 4 Pilar Kebangsaan melalui siaran langsung ke siswa terbanyak.

01 Juni 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila ke-73 di Stadion Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, dalam amanatnya Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menegaskan bahwa selama 73 tahun, Pancasila mampu bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama itu pula, Pancasila sudah menjadi rumah bagi bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila adalah berkah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Indonesia, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

01 Juni 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE meluncurkan Buku
‘Mengawal Indonesia di Gerbang Pasifik”, Dalam buku ini Gubernur Olly Menuangkan ide dan gagasan dalam membangun Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang pasifik dan Sulut lebih hebat. Berbagai pencapaian dalam membangun Sulut yang diraih sejak menjadi anggota DPR RI hingga memimpin Sulawesi Utara sebagai Gubernur ditulis dalam buku ini.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui BAZNAZ menyalurkan donasi paket ramadhan kepada 1000 mustahik, anak yatim, fakir miskin dalam acara Peringatan Nuzurul Quran 1439H di Masjid Raya Ahmad Yani Manado, bantuan berisikan bahan natura dan uang tunai ini diserahkan secara simbolis oleh Praseno Hadi kepada para mustahik yang diantaranya adalah para yatim piatu, kaum dhuafa, dan penyandang disabilitas di Provinsi Sulawesi Utara.

4 Juni 2018 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 kepada 15 kabupaten dan kota se-Sulut. LHP atas LKPD 2017 tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Tangga Muliaman Purba kepada seluruh bupati dan walikota.Menariknya, pada LHP LKPD kali ini, dari 15 kabupaten dan kota di Sulut, 14 diantaranya berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Adapun Kabupaten Bolaang Mongondow menjadi satu-satunya daerah yang mendapat disclaimer. Gubernur Olly mengapresiasi seluruh daerah yang berhasil meraih opini WTP. Selain itu,  Olly juga optimis Kabupaten Bolmong mampu membenahi penanganan keuangannya.

5 Juni 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas laporan keuangan Pemprov Sulut tahun 2017 dan implementasi rencana aksi yang telah dilaksanakan. Laporan hasil pemeriksaan tersebut diserahkan langsung oleh Anggota VI BPK RI, Harry Azhar Azis kepada Gubernur Olly disaksikan Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Wagub Kandouw pada rapat paripurna istimewa di Kantor DPRD Sulut di Manado.

16 Juni 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan safari Idul Fitri 1439 H. Silaturahmi dengan pejabat Muslim tersebut di gelar dua hari 15 dan 16 Juni 2018 di Kota Manado, Kabupaten Boltim, Bolmong dan Kota Kotamobagu. Pada hari pertama Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Wakil Ketua TP PKK Sulut dr. Kartika Defi Kandouw Tanos, bersama Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan Ibu, Sekretaris Provinsi Edwin Silangen bersama Ibu Ivon Silangen Lombok memulai safari dan jajaran pejabat eselon II Pemprov Sulut melaksanakan silaturahmi pertama dengan Panglima Kodam XIII Merdeka Mayjen Madsuni di rumah dinas Pangdam, selanjutnya Wagub dan rombongan mengunjungi kediaman Danlanudsri, Danlantamal VIII. Hari berikutnya, Wagub dan rombongan mengunjungi daerah Kabupaten Boltim dan Kota Kotamobagu. Kunjungan diawali di kediaman Bupati Boltim Sehan Lanjar, selanjutnya kekediaman anggota DPRD Sulut Rita Lamusu, Plt. Walikota Kota Kotamobagu Rudi Mokoginta, Anggota DPRD Raski Mokodompit, Hanafi Sako, Tatong Bara, Bupati Bolmong Yasti Mokoagouw. Di setiap rumah Wagub bersilaturahmi bersama keluarga yang dikunjungi dan masyarakat setempat, Wagub menyampaikan selamat Idul Fitri bagi semua umat Muslim.

Baca Juga:  Selama Setahun, Yasti-Yanni Lakukan Terobosan Inovatif

26 Juni 2018, Pelaksanaan Pilkada di 6 Kabupten Kota di Sulawesi Utara berlangsung aman dan lancer pada tanggal 27 Juni 2018. Gubernur Olly menegaskan kunci utama suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 yang berlangsung di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,  Kota Kotamobagu, Kabupaten Kepulauan Talaud serta Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro itu adalah sinergitas semua pemangku terkait. Gubernur memberi apresiasi kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya, Pilkada diikuti 16 Pasangan Calon (Paslon) serta sekitar 591.040 pemilih yang tersebar pada 79 Kecamatan dan 800 Desa/Kelurahan.

2 Juli 2018, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengukuhkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE sebagai dewan penasehat Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) berdasarkan keputusan Ketua Umum APPSI Nomor Sk 120/APPSI/ IV/ 2016 pertanggal 14 April 2016, dan Keputusan ketua Umum APPSI Nomor Sk 008/APPSI/ V/ 2018 pertanggal 2 Mei 2018.

07 Juli 2018, Pemprov Sulut laksanakan acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018 di Kawasan Megamas Manado, Sulawesi Utara, Acara itu dihadiri oleh Menteri PPPA, Yohana Yembise; Gubernur Sulawesi Utara,  Olly Dondokambey; Plt, Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo; Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti, Tjahjo Kumolo; Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK dr Kartika Devi Kandouw-Tanos; para Gubernur, Walikota/Bupati dan individu berprestasi penerima tanda kehormatan dari pemerintah; jajaran Forkompimda Sulut; remaja generasi berencana; jajaran BKKBD se-Indonesia; masyarakat Manado; dan media massa. Gubernur Olly menyampaikan terima kasih pada pemerintah pusat yang memberi kepercayaan kepada Sulut menjadi tuan rumah peringatan Harganas XXV. Gubernur menyampaikan bahwa ada sekitar 13 ribu orang datang ke Sulut untuk mengikuti Harganas. Pertemuan ini adalah silaturahmi nasional. Pilkada serentak belum lama selesai dan dalam acara Harganas ini kita semua dapat berkumpul di Sulut. Gubernur Olly juga turut mempromosikan pariwisata Sulut kepada ribuan peserta kegiatan Harganas. Dirinya mengajak para peserta untuk menikmati keindahan panorama
alam dan keramahtamahan masyarakat Sulut yang dapat memberikan kesan dan warna tersendiri bagi para peserta kegiatan Harganas.

11 Juni 2018, Pemprov Sulut berhasil mengukir prestasi tingkat nasional dengan menyabet penghargaan BKN Award 2018. Penghargaan itu diserahkan langsung kepala BKN Bima Haria Wibisana di acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Kepegawaian yang digelar di
Gedung Indonesia Convention Exchibition (ICE) BSD, Tangerang.

16 Juli 2018, Duta Besar Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Sander Gurbuz menemui Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, di Ruang Kerja Gubernur. Membahas kerjasama di
berbagai bidang antara Turki dan Sulawesi Utara, termasuk sektor infrastruktur, konstruksi, pendidikan, energi dan pariwisata.

16 Juli 2018, Tanam 20000 Bibit Barito, Gubernur ajak Masyarakat Gemar Bercocok Tanam, Aksi nyata tersebut nampak pada acara Pencanangan Program Batanang Bawang, Rica Dan Tomat Di Rumah (Barito Plus) yang bertempat di kediaman Gubernur Sulut, Kolongan Minahasa Utara, Dalam
sambutannya Gubernur Olly sangat menghargai serta mengapresiasi tindakan ini sebagai salah satu kepedulian bagi kesejahteraan masyarakat Sulut. Gubernur berpandangan bahwa kehadiran kita saat ini menandakan bahwa kita memiliki visi dan misi yang sama dalam merealisasikan terwujudnya masyarakat Sulut yang hebat dan sejahtera. Menindaklanjuti kegiatan ini, Gubernur Olly menyerahkan secara simbolis bibit barito yang diterima langsung oleh Ketua TP-PKK Sulut dan Ketua WKI Sinode GMIM Adriana Dondokambey.

19 Juli 2018, lewat Festival Pesona Bunaken, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E. Kandouw mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara. Dari data yang ada, Pariwisata Sulut mengalami kenaikan sampai 66 %. Bertumbuhnya sektor pariwisata dibarengi dengan meningkatnya jumlah wisatawan
mancanegara yang datang di Sulawesi Utara. Kenaikan tersebut mendukung semua kagiatan pariwisata di Sulut sehingga laju roda perputaran perekonomian Sulut terus mengalami peningkatan.

26 Juli 2018 Sulawesi Utara raih  penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Terbaik untuk Wilayah Sulawesi, Kerja keras Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub
Steven Kandouw dalam membangun Sulut dalam bidang ekonomi mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, Apresiasi tersebut diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo karena Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulut menjadi terbaik untuk wilayah Sulawesi, penyerahan penghargaan diberikan dalam acara Rakornas TPID yang diselenggarakan di Jakarta, kriteria penilaian dari Kementerian Koordinator Perekonomian dan Bank Indonesia, Provinsi Sulawesi Utara dinilai terbaik dalam hal; mengendalikan dan menjaga stabilitas harga, ketersedian pasokan kebutuhan pokok, rantai distribusi (kerjasama perdagangan), dan komunikasi yang efektif dari Tim Ekonomi dengan Pemerintah Pusat dan stakeholder penggerak pertumbuhan eknomi di daerah, termasuk sektor bidang pertanian, perikanan, perkebunan, perindustrian, perdagangan, pariwisata, serta bidang infrastruktur (perhubungan dan ke-PUan) mampu berkolaborasi dengan baik. Tim TPID Provinsi Sulawesi Utara dipimpin langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey mampu menekan tingkat kemiskinan 7,8% ditahun 2018 dibanding dengan tingkat kemiskinan Nasional 9.8%, artinya Sulut masih relatif lebih baik. 04 Agustus 2018 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey,SE membuka secara resmi penyelenggaraan kegiatan Asean Science Camp (ASC) 2018 yang
diikuti 24 Negara termasuk Indonesia di Hotel Sutan Raja – Minahasa Utara.Forum tahunan untuk para perguruan tinggi dan mahasiswa yang bertujuan untuk mempromosikan diskusi dan
kerjasama antar Asia siswa untuk kemajuan ilmu pengetahuan di kawasan Asia.

17 Agustus 2018, HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara dirayakan Pemprov Sulut dengan menggelar Upacara Bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara yang digelar di Lapangan Wolter Monginsidi Sario Manado. Dihadiri Wakil Gubernur Steven
Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS. Upacara yang dikomandani Letkol Inf Kusnandar Hidayat tersebut terdiri dari 1 Kompi gabungan Pamen dan Pama, 4 Batalyon Upacara dan 1 Kompi Gabungan Mahasiswa dan Pelajar.

30 Agustus 2018, Pemerintah Sulawesi Utara mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Camat Regional I. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw meyakinkan kepada Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo Bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jenderal TNI (Purn) Wiranto serta para camat yang hadir bahwa Sulawesi Utara adalah Provinsi yang aman, nyaman dan kondusif dalam melaksanakan agenda-agenda besar yang bertaraf nasional maupun internasional.

31 Agustus 2018, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri acara Festival Manado Fiesta 2018 yang dipusatkan di kawasan Megamas. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Mendagri. Dihadapan masyarakat Sulawesi Utara serta wisatawan asing dan lokal, Mendagri memuji akan keramatamahan masyarakat Nyiur Melambai yang dilihatnya sebagai potensi untuk memajukan Sulawesi Utara.

7 September 2018, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw menerima delegasi Filipina yang dipimpin oleh Asisten Sekretaris Otoritas Pembangunan Mindanao, Romeo Montenegro, di Kantor Gubernur. Pertemuan itu untuk membicarakan kerjasama antar dua wilayah tersebut.antara lain terkait penerbangan Manado-Davao.

7 September 2018, Bunyi tetengkoren yang dipukul Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE menjadi penanda dibukanya secara resmi Pameran Pembangunan dan Promosi Sulut (Sulut Fair) memperingati HUT Provinsi Sulut ke-54 di Kayuwatu, Manado. Pembukaan Sulut Fair yang turut menampilkan pagelaran seni dan budaya Sulut itu berlangsung meriah.

Baca Juga:  Tatong Bara ResmikanTempat Pengolahan Sampah di Matali

19 September 2018, Melalui program pengentasan kemiskinan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK), Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara meraih penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2018 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Syafruddin di hotel Shangrila Surabaya.

Pemprov Sulut melaksanakan program pengentasan kemiskinan, dalam kurun waktu 2 tahun angka kemiskinan Sulut berhasil turun dimana pada tahun 2016 berada di angka 8, 34 dan pada tahun
2018, 7,8 persen. 24 September 2018, Peringatan hari lahir Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang jatuh setiap tanggal 23 September, dirayakan Pemerintah Provinsi Sulut dengan menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 54 yang dilaksanakan di
Lapangan Wolter Monginsidi Sario Manado. Gubernur Sulut Olly Dondokambey,SE menjadi Inspektur Upacara (Irup) sedangkan bertindak selaku komandan upacara adalah Dr. Jemmy S. Kumendong, M.Si.

6 Oktober 2018 Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven OE Kandouw didampingi Wakil Ketua TP PKK yang juga Kepala Biro Kesra Sulut Dr Devi Kandouw-Tanos MARS menghadiri pelaksanaan MTQ Ke.-27 Tingkat Nasional sekaligus menjadi pimpinan MTQ Sulut.

26 Oktober 2018, Sulawesi Utara menjadi saksi berkumpulnya 15 ribu anak bangsa untuk berjuang bersama membangun jiwa merdeka menuju bangsa besar lewat iven Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKN-Revmen) yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Puan Maharani di Lapangan Wolter Robert Monginsidi, Manado. Melalui penyelenggaraan PKN-Revmen tahun ini, pemerintah mewujudkan praktek pembangunan budaya berkemajuan tersebut melalui pelayanan publik yang lebih baik yaitu berupa pelayanan yang tepat waktu, pelayanan yang tepat informasi, pelayanan yang jelas biayanya, pelayanan yang jelas prosedurnya, pelayanan tanpa pungli serta pelayanan yang memudahkan dan nyaman khususnya bagi masyarakat Sulawesi Utara.

28 Oktober 2018, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE menutup Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKN-Revmen). Gubernur Olly mengatakan momentum kegiatan PKN-Revmen menjadi motivasi untuk mengubah mental masyarakat lebih tertib, melayani dan mandiri.

31 Oktober 2018, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE menjamin dalam pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di institusinya bebas titipan. Olly mengatakan para peserta seleksi hanya bisa mengandalkan diri mereka sendiri dan tidak boleh ada bantuan pihak lain.

1 November 2018, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE menetapkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) yang akan mulai berlaku di wilayahnya awal 2019 sebesar Rp. 3.051.076 per bulan. Besaran nominal UMP yang bakal diterima para pekerja di wilayah Bumi Nyiur Melambai tersebut, mengalami kenaikan sekitar 8 persen dari pada UMP saat ini sebesar Rp 2.824.286.

Pemerintah Sulawesi Utara bertekad untuk memenuhi kebutuhan pekerja lewat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Selain itu, Keppres No.107/2004 menyatakan Pemerintah dalam hal ini Gubernur berwenang menetapkan UMP dengan dapat mempertimbangkan Rekomendasi Dewan Pengupahan dalam menetapkan UMP, yang selanjutnya ditetapkan melalui Peraturan Gubernur.

10 November 2018, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs. Steven O.E. Kandouw memimpin upacara ziarah dalam rangka Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado. Kegiatan ziarah ditandai dengan pelaksanaan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga serta tabur bunga di Pusara Para Pahlawan.

17 November 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Fun Walk “Olly Pe Tamang” yang di pusatkan di kawasan Mega Mas Manado. Gubernur Olly Dondokambey bersama Ibu Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey Tamuntuan hadir bersama Wagub
Steven Kandouw dan istri tercinta Kartika Devi Kandouw Tanos yang juga adalah Kepala Biro Kesra Sulut dan Sekretaris Daerah Edwin Silangen, berbaur bersama warga.

22 November 2018 Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri acara Dies Natalis ke-57 Universitas Sam Ratulangi di Auditorium Unsrat Manado.Gubernur menyampaikan bahwa Universitas Sam Ratulangi telah memberikan warna tersendiri terhadap perkembangan dunia pendidikan khususnya di Provinsi Sulut serta berbagai keberhasilan yang telah diukirkan, karena terbukti juga sebagian besar para kepala SKPD yang ada di Provinsi Sulawesi merupakan alumni Universitas Sam ratulangi.

1 Desember 2018, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna H. Laoly yang didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O. E. Kandouw mengikuti Ibadah Oikumene pad iven Christmas Festival 2018. Kegiatan ini merupakan wujud nyata eratnya kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara yang terus dipelihara. Ivent Christmas Festival yang berlangsung selama bulan Desember ditujukan untuk dapat menarik lebih
banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang di Sulawesi Utara sebagai motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulawesi Utara.

7 Desember 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat dalam bidang Pekerjaan Umum (PU), khususnya dalam hal Konstruksi Sarana Jalan. Dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw,
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan Piagam Penghargaan Peringkat 3 Kategori Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol, yang diterima oleh Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven O.E. Kandouw pada Acara Malam Penganugerahan PUPR 2018, di Ruang Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Jakarta.

10 Desember 2018, Demi memperbaiki tingkat pelayanan kepada masyarakatnya, upaya Pemerintah
Provinsi Sulawesi Utara yang dinahkodai oleh Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E Kandouw kali ini tidaklah sia-sia. Jika sebelumnya Pemprov Sulut pada tahun 2017 harus puas pada penilaian kepatuhan rendah atau zona merah terkait penilaian standar pelayanan publik yang diberikan oleh Ombudsman Republik Indonesia.

Kini berkat kerja keras dari semua pihak, Pemprov Sulut berhasil meraih Predikat kepatuhan tinggi dalam komponen standart pelayanan publik yakni zona hijau dengan nilai 92,09. Penghargaan diterima oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E. Kandouw pada acara Penyerahan Predikat Hasil Survei Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan sesuai Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Tahun 2018 yang digelar di Auditorium Televisi Republik Indonesia (TVRI) Pusat, Jalan Gerbang Pemuda, Gelora, Jakarta Pusat.

11 Desember 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan sebagai pembina kabupaten/kota peduli Hak Asasi Manusia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla di Kantor Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan kabupaten/kota di Sulut atas kepemimpinan dan pengabdian Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wagub Drs. Steven O. E Kandouw kepada masyarakat Sulut dalam memperjuangkan dan membela Hak Asasi Manusia (HAM).

15 Desember 2018, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bersama jajaran Pejabat Pemprov Sulut melaksanakan ibadah bersama dengan Jemaat GMIM Galilea Malalayang Dua.
Kegiatan yang juga merupakan agenda safari natal Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dirangkaikan dengan Hut ke-21 Jemaat GMIM Galilea
Malalayang Dua.

18 Desember 2018, Komitmen Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Sulawesi Utara terus dilakukan. Hal ini terbukti dengan keseriusan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam memperjuangkan harga kopra di Sulawesi Utara yang anjlok beberapa bulan terakhir kembali berangsur naik. Terbukti dengan melihat presentase harga jual Kopra di PT Cargil pada bulan November seharga Rp. 4800, meningkat padaharga jual Rp. 5500. Sementara untuk PT. Multi Nabati pada bulan November seharga Rp. 4800 naik pada harga jual Rp. 5600. Ini merupakan tekad pemerintah dalam rangka menaikan harga beli kopra para petani di Sulut. Diantaranya dengan mengajak para perusahan pabrikan kopra untuk menaikan harga beli kopra.

19 Desember 2018, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 Kategori Utama. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Gubernur Olly Dondokambey, SE yang diwakili Kepala
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Mieke Pangkong di Istana Wakil Presiden RI Jakarta. Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Gubernur Olly Dondokambey,SE di bidang PUG, khususnya untuk mengatasi permasalahan ‘three ends’, yakni akhiri kekerasan terhadap perempuan, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi.

15 Desember 2018, Berbagi Sukacita Natal, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bersama rombongan Pemprov Sulut melaksanakan safari Natal bersama masyarakat Langowan Kabupaten Minahasa khususnya Jemaat GMIM Bahtera Amongena.(Nando)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *