Walikota Bitung Gandeng Pihak Swasta “Berantas Sampah Plastik”

oleh -32 views

BITUNG,MANADONEWS-  Setelah memimpin apel perdana bersama seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kota Bitung, Walikota bersama Wakil Walikota dan Sekretaris melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) bersama para pengusaha perikanan dan pengusaha toko modern, Kamis (03/01/2019) di BPU kantor Walikota.

Kabag Humas Pemkot Bitung Albert Targius kepada Manadonews.co.id mengatakan upaya MoU ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memerangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan , sehingga berdampak kepada kelangsungan hidup baik manusia dan lingkungan terlebih khusus pencemaran terhadap laut.

Dia menjelaskan bahwa perjanjian bersama ini dilakukan agar menumbuhkan semangat yang sama antara pemerintah dan para pengusaha dalam rangka memerangi sampah plastik untuk menjaga kelestarian alam, berdasarkan peraturan Walikota Bitung No 70 Tahun 2018.

“Khusus untuk menjaga kebersihan di laut nantinya pemerintah melalui dinas perikanan dan Pelabuhan Perikanan Samudera akan memberlakukan manisfestasi atas barang logistik yang dibawa para nelayan dan akan diperiksa kembali saat kapal atau perahu mereka kembali ke darat”ujarnya.

Ditambahkannya, jumlah sampah dari logistik tersebut harus sesuai dengan jumlah manifestasi awal, sehingga tidak ada lagi kapal-kapal yang membuang sampah di laut, dan akan ada sangsi bagi mereka yang melanggar ketentuan yang sudah disepakati bersama.

Baca Juga:  Peduli Kesehatan Generasi Muda, Bupati Tetty Canangkan Kampanye Imunisasi MR

Albert mengungkap hal yang sama juga dilakukan bagi toko-toko moderen, supermaket, toko dan pasar tradisional dimana tidak diperkenankan lagi menggunakan kantung plastik dan menghimbau para pelanggang untuk menggunakan kotak dari kadus yang sudah disiapkan atau membawa tas belanja sendiri.

Pada prinsipnya Pemerintah Kota Bitung sendiri semenjak tahun 2016 sudah melakukan kampanye Go Green dan Less Plastik, dimana mulai saat itu seluruh ASN diwajibkan membawa tumbler dan tidak lagi menyediakan minuman dan makanan dalam kemasan plastik sekali pakai pada setiap acara.

Bahkan sebelumnya ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung dalam kegiatan “Pisah Taon” Selasa (31/12/2018) lalu di halaman rumah dinas Walikota yang sempat menuliskan harapan di papan Restorasi tetap mengingatkan warga kota Bitung untuk memperhatikan kebersihan lingkingan serta berhemat penggunaan plastik.” Selamat Tahun baru 2019,Tuhan memberkati lebih banyak bagi masyarakat kota Bitung.Tahun baru 2019,Tahun baru semangat baru,makin diberkati dan menjadikan Bitung makin GO GREEN dan Makin LESS PLASTIC”ungkap Duta Yaki Indonesia dalam goresannya di Wall Restorasi 2019 bersama Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Kota dan sejumlah pejabat teras Kota Bitung yang hadir saat itu.(Nando)

Baca Juga:  Ikut Batam IVEC Expo, Stand Pemkab Minahasa Memukau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *