Ungguli Salatiga dan Yogjakarta, Kota Manado Raih Penghargaan IKCI Terbaik 2018

MANADO,MANADONEWS– Pemerintah kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota DR GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastian,SE sepanjang tahun 2018 silam berhasil meraih 21 penghargaan dari berbagai bidang. Prestasi terakhir yang akan diterima akhir pekan pertama tahun 2019 ini adalah sebagai kota terbaik dalan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) tahun 2018.”Iya benar, pada Rabu (lusa) Pak Walikota akan menerima langsung penghargaan tersebut.”ujar Kabag Humas dan pemerintahan Pemkot Manado Steven Runtuwene kepada Manadonews.co.id Senin (07/01/2019) via pesan berbasis data.

Menurutnya, kepastian hal itu dikuartkan dengan undangan yang telah dikirimkan kepada Walikota terkait rencana penyerahan penghargaan tersebut pada Rabu (09/08/2019) lusa di Jakarta.

Steven menjelaskan Kota Manado menjadi yang terbaik dalam Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) tahun 2018 kategori Kota Sedang, setelah berhasil menyisihkan Kota Salatiga dan Kota Yogyakarta serta puluhan kota lainnya di Indonesia.

“Berdasarkan data yang ada menyebutkan bahwa indikator penilaian adalah lingkungan, mobilitas, ekonomi, masyarakat, pemerintahan dan kualitas hidup.”ujarnya.

Baca Juga:  Ramadhina Jadi Tempat Grand Final Uyo dan Nanu Bolmong 2017

Lebih jauh Steven mengatakan bahwa secara rinci skor IKCI berada pada angka 1 hingga 100, dimana semakin besar angka menunjukkan kian mendekati kondisi ideal kota cerdas.

Adapun urutan pemenang IKCI tahun 2018 adalah :
-Peringkat Pertama (Terbaik) Kota Manado dengan angka 59,04.
-Peringkat Adapun kedua Kota Salatiga dengan angka 58,99
-Peringkat ketiga Kota Yogyakarta dengan angka 58,96.

“Pada prinsipnya penghargaan ini bukan tujuan utama dalam menjalankan roda pemerintahan ini,namun paling tidak hal itu menjadi satu bukti kerja keras, kerjasama serta kerja cerdas seluruh jajaran pemerintah Kota Manado yang didukung penuh oleh seluruh komponen masyarakat kota Manado.”ungkap Steven mengutip pernyataan Walikota GSVL sambil menegaskan bahwa pada dasarnya IKCI tersebut sinergis dengan visi Kota Manado sebagai Kota Cerdas 2021.(nando)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *