Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaMitra

Dinkes Mitra Himbau Pencegahan Dini Demam Berdarah

×

Dinkes Mitra Himbau Pencegahan Dini Demam Berdarah

Sebarkan artikel ini
Foto: dr. Helny S Ratuliu

MITRA, ManadoNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menghimbau kepada masyarakat Mitra untuk melakukan pencegahan dini demam berdarah.

Dikatakan Kepala Dinkes Mitra, dr. Helny S Ratuliu, pihaknya sudah terlebih dahulu mengedarkan surat edaran kewaspadaan dini demam berdarah ke semua camat bahkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Mitra.

MANTOS MANTOS

“Memasuki musim penghujan, ada baiknya pengcegahan dini harus dilakukan,” kata Ratuliu, Rabu (09/01/2019), di Ratahan.

Di Mitra sendiri, lanjut Ratuliu, ada empat kasus yang diduga terkenan demam berdarah. “Namun setelah dikonfirmasi ke pihak rumah sakit, ternyata hanya virus,” jelasnya.

Menurut Helny, pemberantasan sarang nyamuk sangat penting. Untuk itu harus ada kerja sama, dan proaktiv dari seluruh masyarakat Mitra. “Puskesmas di Mitra juga harus meningkatkan giat penyuluhan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Ungkap Kliennya 43 Hari tidak Diberikan Makanan, Propam Polda akan Lidik Polres Mitra

(gerimokobimbing)

Inilah himbauan Dinas Kesehatan Mitra yang harus dilakukan untuk pencegahan dini demam berdarah.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati!!
Mari torang Cegah DBD mulai dari rumah !!

SATU RUMAH SATU JURU PANTAU JENTIK (JUMANTIK)

Caranya:
Setiap satu minggu satu kali, keliling torang pe rumah dari dalam sampe diluar rumah dan sekitarnya,
Dalam rumah: pantau samua tu tampa tampa tampungan aer di dalam rumah, di vas bunga, tampa minum burung, penampung air belakang mesin kulkas,penampung  air dibawah kran dispenser air minum/ tatakan dispenser,tatakan pot bunga,ember penampungan air, pot pot  berisi air, kolam, lihat kalo ada jentik buang dp aer kalo so nda pake, bubuhi bubuk pembunuh jentik (larvasida) pada tempat penampungan air yg sulit dibuang airnya atau air volume besar yang sayang dibuang, tutup tempat tempat penampungan air,  kuras penampungan air.

Baca Juga:  Jika Andrei Angouw Ditugaskan ke Manado, Ini Kandidat Ketua DPRD Sulut

Diluar rumah:  pantau wadah yang bisa menampung air, seperti tempurung, kaleng bekas, ember bekas, tatakan pot pot bunga, bambu pagar,potongan bambu, sampai botol dan sampah lainnya yang ada .ta isi aer, buang dia pe aer, kase bobale depe wadah atau gale kong kubur dalam tanah.

Inga inga nyamuk Demam berdarah dari Telur sampe jadi Nyamuk Dewasa Cuma  9-10 hari ( 1 minggu lebih). Kalo torang bunuh dengan foging dp nyamuk dewasa kong depe jentik torang cuma kase biar, ada brapa ratus nyamuk yg mo ba telor ulang??
Satu ekor Nyamuk dewasa  perempuan kalo dia batelor 100-200 butir, kali jo kalo ada 100 nyamuk perempuan bertelur.

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *