Walikota Bitung Wawancara Eksklusif Channel Broadcast Terkenal di Korea Soal “Program Pengurangan Sampah Plastik”

BITUNG,MANADONEWS- Walikota Max J Lomban menerima kedatangan tim jurnalis dari Korean Broadcasting System (KBS) Mr Mark yang merupakan channel broadcast terbesar di Korea,Jumat (11/01/2019).

Kabag Humas dan Protokol Albert Sergius kepada media ini mengatakan kedatangan bertujuan untuk melakukan peliputan dan melihat secara langsung tentang keberadaan kota Bitung khususnya tentang program “Pengurangan Sampah Plastik” yang merupakan implementasi dari Peraturan Walikota Bitung No 70 Tahun 2018.

Albert menjelaskan bahwa materi utama tercermin dalam wawancara tersebut adalah tentang materi program dan konten aturan yang ada.” Pada intinya dalam wawancara itu Walikota di tanyakan strategi dan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Bitung dalam mengurangi sampah plastik.”ujarnya.

Menurutnya, Walikota Bitung Maximillian Jonas Lomban kepada jurnalis KBS itu antara lain memaparkan bahwa upaya yang dilakukan berawal dari internal jajaran Pemerintah Kota Bitung sendiri, dimana saat ini semua ASN wajib bawa tumbler serta tidak lagi menyediakan minuman dalam kemasan botol dan gelas plastik.

Dia menambahkan, Guna memaksimalkan program tersebut Pemerintah Kota Bitung turut menjalin dan melakukan kerjasama dengan pihak pelabuhan perikanan melalui pemberian manifestasi barang logistik di setiap perahu/kapal nelayan yang harus dibawa kembali ke darat,sehingga tidak lagi membuang sampah dilaut.

Baca Juga:  Dana TSG Triwulan II Segera Dibayarkan

“Sampah plastik¬†yang berakhir di lautan sangat berpotensi mencemari dan memberikan dampak yang serius bagi keseimbangan ekosistem di laut, Pengurangan (reduksi) adalah kuncinya. Dan untuk itu semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkannya” ujar Albert mengutip pernyataan Walikota Lomban pada akhir sesi wawancara dengan tim KBS itu. (Humas&Protokol/nando)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *