Pola Hidup Sehat Cara Ampuh Cegah DBD, Fogging Bukan Solusi

oleh -40 views
Foto: Kapala DLH Mitra Tommy Soleman

MITRA, ManadoNews.co.id – Menyikapi peningkatan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), di Sulawesi Utara (Sulut), Pola hidup sehat dengan cara menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan menjadi salah satu cara ampuh membasmi jentik serta nyamuk aedes aegypti.

“Penyakit yang dibawa nyamuk aedes aegypti hanya dapat dicegah dengan pola hidup bersih di lingkungan masing-masing. Misalkan dengan secara rutin menguras bak air dan tidak membiarkan ataupun memberi celah perkembangbiakkan jentik nyamuk melalui genangan air,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dr. Tommy Soleman, Kamis (10/1/2019).

Disebutkan Soleman, jangan pernah biarkan ada barang bekas berupa kaleng-kaleng dan sejenisnya digenangi air, sebab disinilah awal munculnya jentik-jentil nyamuk. “Setiap penampungan air harus tertutup rapi, dan segera mengubur barang-barang bekas untuk mencegah tumbuhnya jentik nyamuk,” ujar Soleman.

Karena menurut Soleman, genangan air ataupun air di kaleng-kaleng bekas umumnya menjadi cikal bakal perkembangbiakkan jentik nyamuk. “Sedangkan fogging ataupun pengasapan bukanlah solusi. Melakukan fogging hanya akan membunuh nyamuk desa, sedangkan jentik nyamuk tidak akan mati dengan cara fogging,” kata Soleman.

Baca Juga:  Foto: Inilah Gaya Khas Gubernur Sulut Saat Bersama Anak - Anak PAUD

Lanjut ditegaskan Soleman, fogging hanya dapat dilakukan apabila sudah didapati kasus demam berdarah. Melakukan fogging juga efek lainnya akan membuat nyamuk aedes aegypti kebal. “Cara satu-satunya mencegah penyakit demam berdarah dengan hidup bersih. Bukan fogging yang dilakukan secara berulang-ulang,” pungkas Soleman.

(gerimokobimbing)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *