Personil Gabungan TNI-Polri Berhasil Tertibkan Demonstran Pemilu 2019 di Bitung

BITUNG, MANADONEWS –Upaya untuk menggagalkan pemilihan anggota Legislatif dan pemilihan Presiden tanggal 17 April 2019 terjadi di kota Bitung, dimana sekelompok massa menghadang proses pendistribusian logistik pemilu dan aksi protes yang menolak hasil pemungutan suara.

Namun Berkat kesigappan satuan PHH Polres Bitung bersama personil gabungan yang terdiri dari Kodim 1310/Bitung dan SP3 Kota Bitung, akhirnya logistik pemilu berhasil sampai di kantor Kelurahan Madidir Ure Kecamatan Madidir Kota Bitung serta mengamankan dua orang yang diduga sebagai provokator aksi tersebut.

Kondisi tersebut diatas merupakan simulasi sebagai rangkaian apel dan latihan bersama dalam rangka Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 yang melibatkan jajaran Kodim 1310/Bitung, Polresta Bitung dan SP3 kota Bitung, Kamis (7/2/2019) Makodim 1310/Bitung.

Adapun apel pagi dalam rangka lanjutan kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019 tersebut, di ambil langsung oleh Kasdim Bitung Mayor Inf Vino S. Onibala,S.Pt. diikuti anggota Koramil dan Staf, anggota Yonif Raider 712, anggota Polres Bitung dan staf SP3 kota Bitung.

Baca Juga:  Konfercab dan Konferda PDIP Sulut Resmi Bergulir

Bersamaan dengan latihan ini juga dilaksanakan Drill Pengamanan obyek vital seperti Kantor Telkom Bitung dan Depot Pertamina Bitung.

Sementara itu, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, Personel Kodim menegaskan bahwa kegiatan latihan Drill Tempur PHH tersebut bertujuan untuk melatih sejauh mana kemampuan dan kesiapan personel dalam menangani kerusuhan dan konflik massa terutama menjelang Pileg dan Pilpres Tahun 2019, dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif.” Saya berharap agar seluruh personel mengikuti kegiatan ini dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggung jawab yang tinggi dari dalam diri masing-masing, dan kepada para pelatih dan instruktur agar tegas dan efektif dalam memberikan latihan Drill tempur PHH.

Usai apel pagi, dilanjutkan pengarahan tentang rangkaian pelaksanaan kegiatan yaitu, dimulai dari KPUD Bitung melaksanakan serah terima Logistik Pemilu oleh petugas, Pemindahan logistik pemilu oleh petugas dan dikawal oleh pihak Kepolisian dan Satpol PP, Logistik pemilu bergerak menuju ke Kantor Kelurahan.(Sp/nando)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *