Meike: Bantuan pertanian di Bolmong Mulai Disalurkan Maret

BOLMONG,MANADONEWS,-Pemuktahiran data Kelompok Tani (Poktan) tahun 2019 terus dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura, Meike Hulinggi, Selasa (26/2/2019), diruang kerjanya.

“Tahun ini untuk Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar di bolmong berjumlah 3788 Poktan di tahun 2019. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya berjumlah 2993 Poktan, tahun ini mengalami ketambahan kelompok,” ungkapnya

Menurutnya. Untuk batas pemasukan  Calon Petani Calon Lahan (CPCL), telah ditutup Bulan Januari.

“Pemasukan data melalui online pemerintah pusat untuk CPCL, itu sudah sesuai dengan aturan, menghindari poktan titipan,” terangnya.

Dijelaskannya, Dinas Pertanian nantinya akan mengusulkan Peraturan Bupati (Perbup), dengan dasar aturan melalui Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 67 tahun 2016 tentang pembentukan kelembagaan.

“Usulannya Perbup sementara dirancang. Supaya para Poktan di Kabupaten Bolmong dilindungi badan hukum, nanti pengembangan data Poktan yang akan dimasukan kembali, kami akan serap lewat aspirasi DPRD dan usulan penyuluh di lapangan,” tuturnya.

Baca Juga:  Pelantikan Perangkat Desa Lansot Timur Dihadiri Camat Tareran

Ditambahkannya, untuk penyaluran bantuan pertanian berupa benih jagung, Kata Hulinggi, mulai dilakukan Bulan Maret.

“Bulan depan mulai penyaluran benih jagung dengan bisi 228 untuk total lahan 20 ribu hektar, di 286 poktan, itu baru penyaluran benih secara bertahap. Dan minggu depan mulai dikirim pihak Pemprov Sulut,” tukasnya.

Sementara itu salah satu anggota Poktan Desa Totabuan, Jenli Rapar mengatakan. Sangat bersyukur dengan bantuan dari pemerintah pusat dan daerah.

“Dengan adanya bantuan berupa kualitas benih yang baik, dengan hasil pertanian bagus, saya mampu mencukupi kebutuhan keluarga,” tutup Jenli. (David)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *