PDI Perjuangan Rebut 11 Ketua DPRD di Sulut, Nasdem “Tak Berdaya”

MANADO, Manadonews.co.id – PDI Perjuangan diambang pintu kemenangan dalam Pileg 2019 di berbagai tingkatan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Di Pileg DPR RI, 3 kursi sudah di tangan, menanti perebutan kursi ke 4.

Di Pileg DPRD Sulut, PDI Perjuangan berpeluang memperoleh 18-19 kursi. Hasil tersebut akan memastikan PDIP akan menguasai Gedung Cengkeh (sebutan untuk gedung DPRD Provinsi Sulawesi Utara).

Posisi Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara pun mutlak dipertahankan PDI Perjuangan.

Klaim paling fantastis terjadi pada pertarungan Pileg DPRD di 15 Kota/Kabupaten di Sulut.

Wakil Ketua DPD PDIP Sulut, Steven Kandouw menegaskan, PDI Perjuangan berhasil memenangkan Pileg di 11 Kota/Kabupaten di Sulut. Itu menandai PDI Perjuangan akan memimpin mayoritas DPRD di Sulut.

“Jadi PDIP itu akan dapat 11 Ketua DPRD Kabupaten/kota,” ungkap Mantan Ketua DPRD Sulut ini.

 

Manado 11 Kursi

Paling fenomenal kemenangan PDIP di Pileg Kota Manado. Partai berlambang banteng ini berdasarkan data C1 dari Kamar Hitung PDIP telah pasti meraup 11 kursi.

PDIP masih berpeluang menambah 1 kursi lagi dari dapil Singkil- Mapanget sehingga jika terwujud PDIP akan menguasai parlemen Kota Manado dengan 12 kursi.

Raihan ini jauh melebihi Pileg sebelumnya dimana partai berlambang banteng moncong putih ini hanya meraih 6 kursi.

Seperti sudah diprediksi, di Dapil Wenang-Wanea, PDI Perjuangan mengirimkan 3 wakilnya.

Sedang di empat dapil lainnya, PDI Perjuangan berhasil menempatkan masing masing 2 wakilnya ke DPRD Manado.

PDI Perjuangan berhasil memecahkan mitos di dapil Tuminting Bunaken di mana partai tak pernah mendapatkan lebih dari satu kursi. PDI Perjuangan diprediksi berhasil memboyong 2 kursi.

Istimewanya sebagian besar caleg jadi adalah pendatang baru dan beberapa diantaranya milenial.

 

Bitung 9 Kursi

Di Pileg Bitung, PDIP berhasil memenangi 9 kursi. PDI Perjuangan meneguhkan diri sebagai juara Pemilihan Legislatif (Pileg) Kota Bitung.

Hasil perolehan suara partai ini meraup 23.574 suara.

Baca Juga:  Legislator Kotamobagu Minta Masukan ke Pemprov terkait Ranperda OPD

Sekretaris DPC PDIP Bitung, Aldo Nova Runtungalo mengungkapkan, dengan perolehan suara tersebut PDIP berhasil memperoleh 9 kursi di DPRD Kota Bitung.

Adapun perincian tiap dapil yakni:

Dapil 1 Maesa – 1.811 suara (1 kursi)

Dapil 2 Madidir-Girian – 6.020 (3 kursi) C1 belum semua masuk.

Dapil 3 Matuari – Ranowulu – 10.651 suara (3 kursi)

Dapil 4 Aertembaga, Lembeh Utara, Lembeh Selatan – 5.092 suara (2 kursi)

“Data ini hasil C1 dari saksi partai, hampir pasti PDIP berhasil dapat 9 kursi,” ujar dia.

9 kursi ini membuat PDIP tinggal menunggu waktu memimpin sebagai Ketua DPRD Kota Bitung.

 

Bolsel 13 Kursi

Di Bolsel, Perhitungan suara di TPS, PDI Perjuangan menang besar. Berdasarkan hasil perhitungan suara, PDI Perjuangan berpeluang rebut 13 kursi di DPRD Bolsel.

Di tiga dapil yang ada, PDI Perjuangan menguasai suara kurang lebih 20 ribuan suara. Jumlah itu membawa PDI Perjuangan menang besar di Bolsel pada pemilu 2019 ini.

Sidik Gobel salah satu pengurus DPC PDIP Bolsel mengaku, bahwa kemenangan PDIP di Bolsel pada pemilu 2019 ini, menunjukan mesin partai bekerja total.

“Ini semua tidak lepas dari kerja keras dari kader dibawa pimpinan Ketua DPC PDIP Bolsel Hi Herson Mayulu (H2M),” ujarnya.

Sebab para Caleg PDI Perjuangan mampu membuktikan meraup suara seperti yang ditargetkan partai.

Sidik mengungkapkan, meski belum secara keseluruhan suara masuk, namun bisa dilihat dari perolehan suara saat perhitungan di TPS. Seperti di Dapil III Pinolosian Bersatu katanya, PDIP berpeluang rebut 4 hingga 5 kursi.

 

Mitra 12 Kursi

Di Mitra, Berdasarkan hasil penghitungan cepat internal partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memastikan meraup 12 kursi di Dewan Pemerintahan Rakyat Daerah (DPRD) Mitra.

Hal ini disampaikan Ketua DPC PDI-P Kabupaten Mitra James Sumendap usai lakukan hitungan cepat internal partai PDI-P, dari rekapan C1.

Baca Juga:  Jokowi; Arus Mudik Lebaran Masih Dapat Dikendalikan

“Dari hitungan cepat internal partai sementara PDIP tetap menjadi pemenang Pemilu di Kabupaten Mitra, dengan mendapat 12 kursi di Parlemen maka telah memenuhi target,” ujar James Sumendap.

 

Nasdem “Tak Berdaya”

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang disebut-sebut memiliki banyak “joker” di Sulut nampaknya tak bisa berbuat banyak di Pileg 15 Kota/Kabupaten.

Partai pimpinan Surya Paloh tersebut “tak berdaya” dalam pertarungan pemilihan legislatif di setiap kota/kabupaten di Sulawesi Utara.

 

Kota Bitung yang walikota-nya dipimpin oleh Ketua Nasdem Sulut, Maximilian Lomban harus mengakui keunggulan PDIP yang meraih 9 kursi legislatif.

“Data ini hasil C1 dari saksi partai, hampir pasti PDIP berhasil dapat 9 kursi,” ujar Sekretaris DPC PDIP Bitung, Aldo Nova Runtungalo.

 

Kabupaten Minahasa Utara yang bupati-nya dipimpin oleh kader Nasdem, Vonnie Panambunan harus legowo melihat PDIP meraih 11 kursi legislatif.

“Senang, bangga, bersyukur karena ini diberikan oleh Tuhan. Sebagai Ketua PKB GMIM Rayon I Minut, juga berterima kasih kepada teman-teman sepelayanan dan masyarakat semua yang sudah mendukung saya,” ujar Denny Lolong Ketua PDIP Minut.

Menurut Delon, target PDIP Minut adalah 11 kursi, yaitu Dapil I 3 kursi, Dapil II 3 kursi, Dapil III 3 kursi dan Dapil IV 2 kursi.

“Berdasarkan hitungan cepat di 666 TPS, PDIP dapat 11 kursi,” pungkasnya.

 

Selanjutnya dari ibukota Provinsi Sulawesi Utara yaitu Kota Manado, “banteng mengamuk” dengan meraih 11 kursi legislatif. Nasdem di Kota Manado hanya meraih 6 kursi, meskipun Walikota Manado GS Vicky Lumentut juga merupakan Ketua DPC Partai Nasdem Kota Manado.

PDI Perjuangan benar benar menggila di Manado. Partai berlambang banteng ini bisa tembus 12 kursi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Richard Sualang mengatakan kursi ke 12 untuk PDI Perjuangan bisa datang dari dapil Singkil Mapanget.

“Dalam hitungan kami, bisa ketambahan satu kursi lagi dari sebelumnya dua kursi,” kata dia.

Baca Juga:  Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu Felly Runtuwene. Malonda : Sudah Ada Unsur Pidananya

Dikatakan Richard, di dapil Tuminting Bunaken, partainya memecahkan mitos. Sebelumnya tak pernah ada partai yang menyabet lebih dari satu kursi di sana.

“Tapi ini dua, kami yakin itu,” kata dia.

 

Di Kota Kotamobagu yang walikota-nya dipimpin oleh Tatong Bara (kader Nasdem) PDIP meraih 6 kursi.

Dari hasil perhitungan Kesbangpol Kota Kotamobagu, sudah bisa diprediksi partai pemilik kursi di DPRD Kotamobagu periode 2019-2024.

Menariknya, dalam hitungan itu, PDIP mendominasi perolehan kursi di tiga dapil. PDI-P Kotamobagu berhasil meraup suara dengan total keseluruhan 17.575.

Di dapil I, PDIP diprediksi dapat 3 kursi. Sementara di dapil 2 hanya mampu mendapatkan 1 kursi. Namun untuk dapil 3, partai moncong putih ini bisa mendapatkan 2 kursi. Sehingga total kursi PDIP bisa mencapai 6 kursi. Selanjutnya disusul oleh Partai NasDem dengan prediksi perolehan 4 kursi.

Dengan hasil tersebut dapat dipastikan PDIP merebut kursi pimpinan dewan di Kotamobagu.

 

Sementara di Kabupaten Bolaang Mongondow yang dinahkodai oleh Yasti Soepredjo, PDIP meraih 7 kursi.

Yasti yang juga merupakan Anggota Dewan Pertimbangan Partai Nasdem harus bekerja keras untuk bisa mengalahkan PDIP. Hingga saat ini Nasdem berada di posisi kedua perolehan suara dan meraih 6 kursi DPRD Bolmong.

 

11 Kota/Kabupaten di Sulawesi Utara yang hampir pasti dimenangkan oleh PDI Perjuangan:

  1. Kota Manado
  2. Kota Bitung
  3. Kabupaten Minahasa
  4. Kabupaten Minahasa Tenggara
  5. Kabupaten Minahasa Utara
  6. Kabupaten Minahasa Selatan (PDIP sementara unggul, masih dinantikan perolehan hasil akhir)
  7. Kabupaten Kepulauan Sitaro
  8. Kota Kotamobagu
  9. Kabupaten Bolaang Mongondow
  10. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan
  11. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (PDIP sementara unggul. masih dinantikan perolehan hasil akhir)

** Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kota Tomohon (Masih menunggu data lengkap dan hasil akhir)

*** Hasil Resmi menanti Pleno KPU Kabupaten/Kota dan Sulut

1 Comment

  1. chris
    25 April 2019 - 11:44 am

    mntap

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *