Example floating
Example floating
BeritaBerita TerbaruBerita UtamaKesehatanPemerintahanPolitikSulawesi Utara

Kolaborasi Kemenkes-RI dan Pemprov Sulut Sentuh Warga Daerah Terpencil

5
×

Kolaborasi Kemenkes-RI dan Pemprov Sulut Sentuh Warga Daerah Terpencil

Sebarkan artikel ini

SULUT,Manadonews.co.id-.Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw untuk selalu mewujudkan masyarakat Sulut yang sehat tak perlu diragukan lagi.

Terbukti kegiatan Flying Health Care (FHC) atau pelayanan kesehatan bergerak di Pulau Karatung, Kakorotan dan Marampit Kabupaten Kepulauan Talaud mulai tanggal 13 hingga 17 Mei 2019 berhasil melayani 1290 pasien termasuk melakukan tindakan operasi kepada 42 pasien.

Example 300x600

FHC sendiri merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan RI dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Sulut, RSUP Prof RD Kandou dan Dinkes Pemkab Talaud. Sasaran FHC adalah provinsi yang memiliki daerah terpencil, sangat terpencil dan kabupaten/kota yang kekurangan tenaga dokter spesialis.

Adapun pelayanan kesehatan yang dilakukan tim FHC ketika mengunjungi Talaud diantaranya pelayanan kesehatan umum dan pengobatan, pelayanan kesehatan spesialistik THT, kebidanan, kandungan untuk kesehatan reproduksi, pelayanan oleh dokter bedah, penyuluhan gizi dan penyakit tidak menular dan screening penyakit tidak menular dan stunting.

Kemudian pelatihan pengembangan kesehatan tradisional dgn TOGA dan kelompok Asuhan Mandiri pemanfaatan TOGA dan akupresur sederhana, pelayanan KB, pelaksanaan inisiasi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, pelayanan KIA dan promkes dan pemantapan program imunisasi.

Selain itu tim pelayanan FHC yang berjumlah 27 orang terdiri dari 12 orang dari pusat, 10 orang dari Dinkes Sulut dan RSUP Kandou serta 5 orang dari Dinkes Talaud ini ikut melayani pemeriksaan IVA yang diikuti 70 pasien.

Seluruh pasien mengapresiasi pelayanan FHC. Pasalnya, pelayanan FHC mempermudah masyarakat yang tinggal di daerah terpencil untuk mendapatkan pelayanan dan bebas biaya.

Mereka mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Olly dan Wagub Kandouw atas terlaksananya pelayanan kesehatan bergerak hingga menjangkau masyarakat Talaud.
(Stvn)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *