RSUP Kandou Gelar Donor Darah

Jalannya kegiatan. (Foto/mn)

SULUT,Manadonews.co.id-.Pihak RSUP Prof Kandou Manado melalui Unit Bank Darah bekerjasama dengan Ikatan Perawat Dialisis Indonesia (IPDI) Sulut dan PMI menggelar kegiatan Donor Darah.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ginjal se-Dunia ini dilaksanakan di Ruang HD Dahlia RSUP Kandou, Jumat (17/5/2019) pagi.

Dikatakan, Ns. Fransisca Wowiling selaku pengurus IPDI Sulut bahwa para pendonor diantaranya Petugas Hemodialisis RSUP Kandou dan Keluarga Pasien.

“Bahkan ada pendonor yang menghubungi langsung ke panitia. Sebab, selain untuk kemanusiaan, ini juga bagus bagi kesehatan,” ujarnya.

Sebelumnya, pihak IPDI Sulut sudah melakukan kegiatan donor darah di RS Siloam Manado dan berhasil mengumpulkan 46 kantong darah.

“Hari ini di RS Kandou. Sedangkan minggu depan di Desa Lahendong dan selanjutnya di Desa Poigar,” ungkapnya.

Menurut dr.Stella Palar, SpPD-KGH bahwa syarat-syarat bagi para pendonor adalah sehat jasmani dan rohani, usia 17-65 tahun, berat badan minimal 45 kg, tekanan darah sistole 110/70 – 160/100 mmHg, kadar hemoglobin 12.5 persen – 17gr/dl, bagi wanita tidak sementara haid/hamil/menyusui, tidur minimal 4 jam sebelum donor, minum lebih banyak pada hari donor, makan 3-4 jam sebelum donor, jaga kesehatan sebelum donor, interval donor minimal 75 hari.

Baca Juga:  Sekjen Kemenkes-RI Akui Banyak Perkembangan Positif di RSUP Kandou

“Semua syarat ini harus dipenuhi. Sebab, darah yang diambil kira-kira 300 CC. Jika tidak maka tak bisa melakukan donor darah,” jelasnya.

Sementara itu, Nevy Panelewen, S.Kep selaku Kepala ruangan HD Dahlia RSUP Kandou Manado mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Hal ini sangat baik dan bermanfaat bagi pasien yang memang mengalami kekurangan darah. Apalagi pasien yang dari jauh,” singkatnya.
(Stvn)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *