Victor Rarung: “Pancasila Tiang Raja NKRI”

MANADO, MANADONEWS – Hari ini, Sabtu 1 Juni 2019, seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.

Begitu pentingnya peringatan ini bagi segenap anak bangsa lantaran kelahiran Pancasila menjadi cikal bakal kokohnya persatuan dan kesatuan.

Demikian dikatakan Ketua DPW Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Utara Victor Rarung, SE.

“Bagi kita anak bangsa, tidak ada yang lebih berharga dari fakta kepemilikan Pancasila,” tandasnya.

Lima Sila sebagai bukti nyata komitmen seluruh elemen bangsa di masa lalu, telah menjadi perekat paling kuat bagi generasi di masa sekarang dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Bahkan nilai – nilai luhur yang tertuang dalam lima sila Pancasila akan menjadi pedoman sepanjang masa bagi kita semua,” ungkapnya.

Eksistensi Pancasila, imbuhnya, mampu memposisikan negara dan banga Indonesia hidup dalam semangat kekeluargaan, gotong royong, menghormati dan menghargai perbedaan, pun menghidupi semangat musyawarah untuk mufakat.

“Maka tidak ada kata tawar menawar untuk tidak memegang teguh Pancasila. Semua komponen bangsa harus selalu satu hati, melestarikan nilai – nilai luhur Pancasila” tukasnya.

Baca Juga:  Hebat, Gubernur Olly Raih Penghargaan Government Award 2019

Upaya pelestarian Pancasila, katanya, tak terkecuali, ada di pundak jurnalis.

“Sebagai jurnalis bahkan menjadi sebuah kebanggan apabila senantiasa mengedepankan karya penulisan dengan bersandar pada nilai – nilai Pancasila,” tuturnya.

Di era digital saat ini, menurutnya, tantangan zaman menjadi semakin berat bagi seorang jurnalis.

“Tetapi kesediaan untuk ‘menghormati’ Pancasila, tentu akan menjadi sebuah kesetiaan yang pantas dibanggakan,” ungkapnya.

Rarung mengajak kepada setiap jurnalis untuk selalu menyematkan Pancasila di dada sebagai bagian dari integritas terhadap bangsa dan negara tercinta ini.

“Penelusuran, konfirmasi, konformasi hingga masuk dalam tahapan meramu narasi, jika beraroma nilai – nilai Pancasila, niscaya sebagai wartawan, kita telah turut menjadi motor bagi keutuhan bangsa,”

“Karena Pancasila adalah tiang raja NKRI,” terangnya.

“Akhirrnya atas nama Ikatan wartawan Online Sulawesi Utara, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019,” pungkasnya.

Fian

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *