Mukthi, Penjelajah Indonesia dengan Sepeda Bersua Kru Manadonews

MANADO, MANADONEWS – Dia bernama Mukthi. Lelaki asal Sabang, Provinsi Aceh itu dikenal sebagai penjelajah Nusantara, mengayuh sepeda keliling Indonesia.

Setelah berjalan dan mengayuh sepeda dari Sabang ke Merauke, Mukthi kembali pulang dengan melewati wilayah Maluku dan Sulawesi.

Tepat Rabu (5/6) hari ini, sang penjelajah melewati jalur Kota Manado dan bersyukur, kru Manadonews.co.id yang juga sedang melakukan perjalanan dengan sepeda motor, bersua dengannya.

Melihat kesempatan yang tergolong langka, kru Manadonews pun menyapa dan meminta waktu sebentar, dan ternyata mendapat respon sangat positif dari Mukthi.

Sambil menepi sejenak, perbincangan pun dibuka dengan saling memperkenalkan diri.

Kepada Manadonews Mukthi menuturkan dirinya mulai melakukan perjalanan bulan November tahun 2017 silam.

“Saya start dari Sabang dan telah sampai ke Merauke sesuai niat dan tekad saya,” katanya.

Usai dari Merauke, ia kemudian pulang melewati wilayah Maluku, Sulawesi dan Kalimantan.

“Saya tiba tadi pagi di Pelabuhan Bitung, langsung mengayuh sepeda lewat Manado, terus menuju Makassar untuk selanjutnya naik Kapal laut ke Kalimantan,” terangnya.

Baca Juga:  Bupati Minahasa Serahkan SK Tenaga Guru Tidak Tetap dan Lepas Kontingen Olimpiade Sains

Dari Kalimantan, ia kembali akan naik transportasi laut menyeberang Sumatera dan mengayuh sepeda hingga tiba kembali di Sabang.

Motivasi dirinya sehingga tertantang untuk keliling Indonesia, lebih berorientasi pada semangat nasionalisme Pancasila.

Mukthi dan kru Manadonews.co.id/Foto: manadonews/Fian

“Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki keragaman suku, agama dan ras. Saya ingin membuktikan kalau kita warga Indonesia, meski memiliki latar belakang yang tidak sama, tetap adalah satu dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Atas dasar itu pula, lanjutnya, hampir di setiap daerah yang disinggahinya, ia kerap melakukan sosialisasi di sekolah – sekolah tentang Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD-45 dan NKRI.

“Saya mensosialisasikan tentang Indonesia, pulau – pulau yang ada, berapa banyak Provinsi, Kabupaten dan Kota kepada para pelajar di sekolah. Saya ingin generasi muda tidak lupa akan identitas sebagai anak bangsa Indonesia,” paparnya.

Ia berharap, apa yang dilakukannya, bisa menjadi inspirasi bagi sesama anak bangsa untuk mencintai tanah air yang sangat pluralis ini.

Fian

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *