Pengguna Baru Grab Wajib Selfie Sebelum Order

JAKARTA,MANADONEWS.co.id Operator Grab mengeluarkan peraturan bagi seluruh pengguna layanannya. Untuk kebutuhan verifikasi, pengguna diminta membuat foto selfie saat pertama kali mengakses aplikasi dan memulai melakukan pemesanan.

Data yang dirilis Straittimes mengungkapkan syarat itu sama halnya dengan yang telah dilakukan pengguna Grab di Singapura.

Grab telah mengeluarkan pemberitahuan melalui aplikasi dan situs resmi untuk penggunanya di sana. Peraturan baru ini akan mulai diberlakuan pada 12 Juli mendatang.

“Selfie dilakukan untuk verifikasi identitas, keamanan, dan dapat digunakan untuk membantu pihak berwenang ketika diperlukan. Grab memastikan bahwa selfie dan identitas Anda aman dan tidak akan dibagikan dengan mitra pengemudi dan merchant kami,” tulis Grab dalam situs resminya, Selasa (11/6/2019).

Menyoal keamanan, Grab memastikan akan merilis pemberitahuan terkait perizinan sebelum selfie di kamera ponsel pengguna.

Menteri Transportasi Malaysia, Anthony Loke pada Juli lalu pernah mengumumkan bahwa sebagai bagian dari aturan baru penumpang harus mengunggah kartu identitas atau rincian paspor yang berlaku.

Hal tersebut diberlakukan ketika mereka mendaftar untuk menggunakan akun Grab, dan memberi jangka waktu satu tahun untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Baca Juga:  Pembukaan GMIM Expo, Dondokambey: GMIM Jadi Contoh Masyarakat Sulut

Atas alasan ini Grab akhirnya mengadopsi teknologi pengenalan wajah untuk meneuhi aturan baru tersebut. Dengan begtiu pengguna baru diharuskan untuk mengirim foto selfie sebelum memesan kendaraan.(*/nando)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *