Example floating
Example floating
Berita TerbaruBerita UtamaPolitik

PDIP Sulut Yakin Megawati Terpilih Aklamasi

×

PDIP Sulut Yakin Megawati Terpilih Aklamasi

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, MANADONEWS – Kader PDI Perjuangan se-Indonesia masih menginginkan Megawati Soekarno Putri tetap memimpin partai hingga periode berikutnya. Alasannya, Megawati dinilai berjasa besar bagi PDIP.

“Yang pasti PDI Perjuangan Sulut akan tetap setia mengusung kembali Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut, Lucky Aldrin Senduk, kepada wartawan, belum lama ini.

MANTOS MANTOS

Baginya, kesuksesan berdasar pada sejumlah prestasi yang ditorehkan Presiden RI kelima itu. “Kepemimpinan ibu Mega membawa kemenangan Pileg dan Pilpres hingga membuat sejarah kemenangan berturut-turut dalam Pileg. PDI Perjuangan berkembang pesat karena ibu Mega,” beber Senduk.

Dia yakin, putri pertama Presiden RI Soekarno akan terpilih lagi. “Pelaksanaan Kongres nanti pasti Ibu Megawati akan diminta oleh seluruh DPC dan DPD untuk menjadi Ketua Umum. Sehingga secara aklamasi ibu akan terpilih lagi,” jelasnya.

Hal yang sama juga diutarakan Politikus senior PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo. “Sudah diputuskan, semua teman-teman Ketua DPD se-Indonesia sudah meminta, karena apa pun partai menang di bawah kempimpinan Ibu Mega,” kata Tjahjo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu pun kemudian menjelaskan agenda Kongres V PDIP yang direncanakan dipercepat pada Agustus 2019. Tjahjo menyebut percepatan kongres itu bukan semata-mata pergantian pemimpin. “Memasuki 2024 yang harus dipersiapkan pengurus mulai sekarang. Tapi itu konsolidasi kepengurusan ada kemudian perjanjian pengurus mulai dari pusat sampai tingkat paling bawah, penyegaran. Nah, penyegaran jangan diartikan harus mengganti ketuanya. Tidak,” tuturnya.

“Saya kira pengurus pusat berhak menilai Ketua DPD, Ketua DPC, Ketua PAC sanggup nggak nanti untuk mempertahankan kemenangan partai, kemenangan pilkada untuk tahun 2024. Karena namanya partai kan harus terus bergerak, harus terus mengorganisir diri,” tandasnya.

Diketahui, Rabu (19/6), PDIP menggelar rapat kerja nasional (rakernas) secara tertutup. Salah satu agendanya terkait rencana percepatan Kongres V PDIP yang akan digelar di Bali pada Agustus mendatang. Kongres PDIP sendiri sedianya digelar pada 2020, tapi dipercepat menjadi 8-10 Agustus 2019 di Bali.

PDIP terakhir kali melaksanakan kongres pada 2015. Saat itu, dalam Kongres IV, PDIP secara aklamasi kembali mengukuhkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum periode 2015-2020. Jabatan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketum PDIP seharusnya baru berakhir pada 2020. (youngky/dtn)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *