Ketua TP-PKK Kota Bitung Satu-Satunya di Sulut Raih Penghargaan MKK 2019 Kategori Ketua TP-PKK Kota

BANJARBARU, MANADONEWS –Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung turut menghadiri puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019, yang dilaksanakan di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Kota Banjarbaru, Sabtu(6/7/2019)

Adapun kegiatan Harganas Ke-XXVI tahun 2019 ini yang dibuka Menko Pemberdayaan Manuasia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengusung tema “Hari Keluarga: Hari Kita Semua”, dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

Melalui tema dan tagline tersebut diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga.

Salah satunya terwujud dalam “Gerakan Kembali ke Meja Makan” sebagai satu dari beberapa kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas XXVI tahun 2019.

Momentum Harganas XXVI tahun 2019 ini, ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung mendapat penghargaan tertinggi dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yakni Manggala Karya Kencana untuk kategori Ketua TP PKK kota/Kabupaten.

Penyerahan Penghargaan dan pemasangan lencana kepada penerima penghargaan oleh Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Dra Khouni Lomban Rawung diberikan penghargaan ini, karena kapasitasnya sebagai ketua TP-PKK kota Bitung karena mendukung sepenuhnya Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di kota Bitung.

Bersamaan dengan Ketua TP PKK kota Bitung, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama sang istri tercinta Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menerima penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat, yakni Manggala Karya Kencana untuk kategori Gubernur dan Ketua TP-PKK Provinsi.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Kota Bitung Buka FGD Ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak

Pada dasarnya Harganas dilaksanakan setiap tanggal 29 Juni sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Harganas.

Harganas tahun 2019 erat kaitannya dengan penerapan empat pendekatan Ketahanan Keluarga. Pertama, Keluarga Berkumpul dengan meluangkan waktu antar keluarga tanpa disibukkan dengan gawai, televisi, atau alat elektronik lainnya. Kedua : Berinteraksi dengan Keluarga dimana semua anggota keluarga, Ketiga : Keluarga Berdaya dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk tidak bergantung pada pihak lain. Keempat : Keluarga Peduli dan Berbagi, suatu kegiatan keluarga yang lebih mampu memiliki kepedulian untuk berbagi kepada orang lain.

Peringatan Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara, dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.Keluarga sebagai soko guru bangsa, keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak.

Dalam sambutannya, Puan Maharani menjelaskan Harganas menjadi peringatan tahunan untuk bisa merekatkan hubungan kekeluargaan dan gotong royong bagi keluarga Indonesia.

Baca Juga:  BREAKING NEWS: Gempa 5,6SR Guncang Sulut

Menurut Puan, peringatan ini penting tapi jangan hanya menjadi seremonial, harus direalisasikan konkrit di dalam keluarga Indonesia.
Ini merupakan harganas yang cukup meriah dan banyak tamu dari seluruh indfonesia.

“Apresiasi saya ucapkan ke Gubernur yang sudah menggelar acara yang cukup meriah,” kata Puan.
Disebutnya, tahun depan Harganas akan akan dilaksanakan di Padang, Sumbar.

Puan menambahkan, Harganas yang diperingati tiap tahun bertujuan memberikan motivasi ke masyarakat bahwa keluarga merupakan fondasi penting membangun keluarga sejahtera.Pemerintah memberikan penghargaan untuk program KKBPK sebagai bentuk apresiasi atas komitmen yang ditujukan bagi tokoh masyarakat yang telah berjasa mewujudkan program itu di daerahnya.

“Saya berharap apa yang sudah dilakukan Kalsel terkait dengan program KB, kesehatan, dan PKK akan terus dilakukan penguatan dan peningkatan dalam memajukan Indonesia ke depan,” tandas Puan.

Secara terpisah Ketua TP -PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung ,Msi kepada media ini via pesan berbasis data antara lain menegaskan sangat bangga bentuk
Penghargaan BKKBN RI yang di berikan kepada TP-PKK Kota Bitung serta bagi pemerintah dan TP-PKK Provinsi dan Kota/Kabupaten yang mendukung penuh program KKBPK.”Penghargaan ini bukan tujuan akhir dari kerja bagi masyarakat, namun sebaliknya akan di jadikan spirit bagi dalam memaksimalkan program KKBPK.”ujar Rawung sambil menegaskan bahwa penghargaan ini milik semua masyarakat Kota Bitung yang telah berperan aktif dalam mensukseskan program pemerintah pusat khususnya KKBPK.(nando)

Baca Juga:  Ketua TP-PKK Kota Bitung Terima Penghargaan Tertinggi dari BKKBN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *