Bupati CEP Dukung Upaya Kurangi Penggunaan Tembakau

MINSEL, MANADONEWS – Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menegaskan mendukung penuh upaya untuk mengurangi penggunaan tembakau di negeri ini.

Hal itu disampaikan Bupati Minsel 2 periode ini ketika mengikuti kegiatan puncak peringatan hari tanpa tembakau sedunia 2019, di Rasuna Said Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (11/7).

Kehadiran Bupati di kegiatan ini didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Minsel Erwin Schouten dan Kabag Humas Altin Sualang itu.

Apalagi survei kesehatan telah membuktikan bahwa merokok banyak merugikan kesehatan bahkan menjadi sumber penyakit.

Bupati CEP sendiri diundang secara khusus oleh Menteri Kesehatan Prof DR dr Nila Moeloek, Sp.M , sehubungan Kabupaten Minsel merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang telah memiliki peraturan daerah tentang kawasan merokok.

Menteri Kesehatan Prof DR dr Nila Moeloek, Sp.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa, angka harapan hidup masyarakat indonesia adalah 71 tahun 4 bulan, sementara umur sehat masyarakat adalah 62 tahun.

Pada tahun 2016 perokok pemula adalah 37% sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 57%.

Baca Juga:  Lantik 49 Penjabat Hukum Tua, Tetty: Kalian adalah Orang Terpilih!

Berdasarkan survei kesehatan telah membuktikan bahwa merokok banyak merugikan kesehatan bahkan menjadi sumber penyakit.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati CEP menghimbau seluruh ASN untuk tidak merokok di lingkungan kantor, fasilitas umum, sekolah dan tempat ibadah.

” Saya menghimbau kepada seluruh ASN yang ada di lingkup Kabupaten Minsel untuk tidak merokok di lingkungan kantor, fasilitas umu, sekolah serta tempat ibadah. Jagalah kesehatan kita dengan tidak merokok,” imbau CEP.

(DArK)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *