Pengisian Jabatan JPT Pratama dan Administrator Harus Melalui Talent Poll

SULUT,Manadonews.co.id-.Sekdaprov Sulawesi Utara Edwin Silangen menghadiri pembukaan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi untuk penyusunan talent pool JPT Pratama dan Administrator Tahun 2019 di Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Manado, Selasa (23/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 23-25 Juli 2019 dan diikuti sebanyak 168 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari wilayah kerja Kanreg XI BKN Manado ini dibuka langsung Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Pada kesempatan itu, Kepala BKN mengatakan, penilaian potensi dan kompetensi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan ASN yang profesional untuk menduduki jabatan yang strategis.

Adapun talent pool tersebut, bisa digunakan sebagai rujukan pengisian jabatan pada level JPT Pratama dan Administrator.

Tambah Kepala BKN, data dalam talent pool 2019 juga dapat menjadi rujukan penyusunan pola pengembangan kompetensi kepemimpinan ASN, pengembangan diri, dan peta karir yang disesuaikan dengan kebutuhan instansi.

Sebelumnya, Sekdaprov Silangen mengapresiasi jajaran BKN atas pelaksanaan kegiatan penilaian potensi dan kompetensi tersebut.

“Ada sejumlah pejabat Pemprov Sulut yang mengikuti penilaian potensi dan kompetensi. Ini menjadi data base yang kemudian akan dijadikan dasar penilaian untuk rotasi dan rekrutmen pejabat,” kata Silangen.

Baca Juga:  Ini Harapan Gubernur Olly Bagi Pengurus Astindo Sulut Yang Baru

Disamping itu, Sekdaprov juga mempromosikan pariwisata Sulut dengan mengajak seluruh peserta penilaian potensi dan kompetensi untuk meluangkan waktu menikmati keindahan alam Sulut usai mengikuti kegiatan.

Menurutnya, Pemprov Sulut gencar menggalakan pariwisata di 15 kabupaten dan kota yang menempatkan Sulut sebagai daerah dengan pertumbuhan pariwisata tertinggi di Indonesia atau sebesar 600 persen dalam empat tahun terakhir.

“Mari menikmati Keindahan alam Sulut usai mengikuti penilaian potensi dan kompetensi ini,” ujar Silangen.

Sementara itu, Kakanreg XI BKN Manado Wakiran dalam laporannya menjelaskan tujuan talent pool JPT Pratama dan Administrator ini untuk pendayagunaan pejabat pada instansi masing-masing, antara lain kaderisasi, pengembangan kompetensi pejabat, dan upaya pengisian JPT secara cepat dan akurat.

Selain itu hasil talent pool ini dapat dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya atau sebagai  bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi.

“Kami juga berharap kegiatan talent pool ini dapat mendukung upaya percepatan implementasi sistem merit terutama di wilayah kerja Kantor Regional XI BKN Manado,” kata Wakiran.

Baca Juga:  Gubernur Sulut Konfrensi Pers Bersama Dirjen Bea Cukai RI

Pelaksanaan penilaian potensi dan kompetensi JPT Pratama dan Administrator turut dihadiri Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN Purwanto dan para jajaran Kanreg XI BKN Manado.
(Stvn)

Tags: