Example floating
Example floating
Tomohon

EmaS: Damkar Harus Respon Time

×

EmaS: Damkar Harus Respon Time

Sebarkan artikel ini

TOMOHON, MANADONEWS – Para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tomohon pertolongan dan pencegahan bahaya kebakaran.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE AK diwakili Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Kamis (25/7).

MANTOS MANTOS

Pada kesempatan itu, wakil wali kota memaparkan, pemadam kebakaran dalam melaksanakan tugasnya didukung dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku antara lain: 1. UU no 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, UU no 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung dan berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait.

“Respon time atau waktu tanggap damkar berdasarkan standar pelayanan minimum nasional dalam satu wilayah manajemen kebakaran yakni jarak 7,5 km dari pos damkar. Ditempuh dengan waktu 15 menit dihitung sejak menerima laporan dari masyarakat,” kata SAS.

Selain itu, kata dia, para peserta diklat harus aktif mensosialisasikan tanggap darurat kebakaran.

“Penanggulangan kebakaran bangunan dan lingkungan di Kota Tomohon sangat perlu didukung oleh perwakilan peserta diklat. Harus diteruskan kepada masyarakat pada umumnya tentang langkah-langkah pencegahan dini, tanggap darurat serta evakuasi,” jelasnya.

“Untuk itulah perwakilan dari sejumlah Perangkat Daerah di Kota Tomohon diikutsertakan dalam pendidikan dan pelatihan pertolongan dan pencegahan bahaya kebakaran,” ujarnya.

Wakil wali kota juga menginstruksikan kepada petugas damkar agar tetap melaksanakan tugas dengan tulus, ikhlas dan penuh tanggung jawab.

“Baik kepada pemerintah, masyarakat dan terutama kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena tugas damkar adalah tugas mulia demi kemanusiaan,” tandasnya.

Tampak hadir para narasumber, Komandan Regu Dinas Kebakaran Kota Manado Denny Paat ST, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado Herry Contra S.Sos, Kepala Sat Pol PP Kota Tomohon Syske Wongkar SPd bersama jajaran, para peserta dari unsur damkar Kota Tomohon dan perwakilan dari OPD Kota Tomohon. (Youngky)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *