Kemenpan-RB Godok ASN Kerja dari Rumah, Jimmy Eman: Akan Dikaji

TOMOHON, MANADONEWS – Pemerintah mulai fokus kepada penyiapan SDM untuk berkompetisi secara aktif dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengaku sedang membuat rencana agar PNS bisa kerja dari rumah.

“Ciri-ciri ASN 4.0 itu lebih jeli lebih akurat, lebih cepat nanti ada fleksibilitas dalam kerja,” ungkap Deputi SDM Aparatur Kemenpan RB Setiawan Wangsaatmaja, dikutip Kompas.Com.

“Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung saja juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya,” sambungnya.

Setiawan tidak menyebut pasti kapan rencana itu bisa terealisasi. Namun ia mengatakan, jumlah PNS yang melek teknologi akan semakin bertambah seiring rekruitmen baru yang diisi generasi melek teknologi.

Pemerintah sudah merencanakan ASN atau PNS banyak diisi oleh pegawai-pegawai yang melek teknologi atau punya basis kemampuan teknologi informasi yang cukup kuat pada 2024. Rencana itu dimulai dengan proses rekruitmen PNS yang secara penuh mulai dari pendaftaran sampai pengumuman menggunakan sistem komputer atau internet sejak beberapa tahun lalu.

Baca Juga:  Gobel: Pengelolaan Dana Desa Haruslah Sesuai Aturan

Dari hasil seleksi itu, kata Setiawan, pemerintah sudah memiliki 572.000 PNS yang melek teknologi saat ini. Beberapa tahun ke depan, jumlah PNS yang melek teknologi akan semakin bertambah. “Katakanlah nanti setiap tahun ada 200.000 formasi, 2024 kita sudah mulai seimbang dan kami yakin itulah yang akan menjadi tulang punggung birokrasi kita,” kata dia.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon akan mengkaji wacana tersebut. Meski begitu, menurut Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, pihaknya belum mengetahui rencana tersebut. “Nanti kita akan lihat dan disesuaikan dengan keadaan pemkot,” kata Eman.

Orang nomor satu di Tomohon ini punya pemikiran lain soal rencana itu. “Mungkin itu bisa bagi yang cuti. Kan mereka dapat tunjangan juga,” kata Eman. Mereka yang cuti, katanya, seperti wanita hamil. “Mereka bisa kerja dari rumah,” tandasnya. (Youngky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *