Pelaku Pembakaran Hutan Cagar Alam Duasudara Ditangkap Polisi

BITUNG,MANADONEWS.co.id- Setelah melakukan penangkapan terhadap tersangka kasus pembakaran hutan Cagar Alam Duasudara yang terjadi pada hari Kamis (15/08/19) lalu, kini Polres Bitung melalui Kasat Reskrim AKP. Taufiq Arifin S.HUT, SIK, menggelar konfrensi Pers yang diadakan di halaman Polres Bitung pada hari Senin, (19/08).

Dalam Konfrensi Pers tersebut Kasat Reskrim mengatakan setelah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi yang terdiri dari berbagai pihak, maka kami mengamankan seorang tersangka bersama barang bukti 1 buah jerigen air dan 1 buah ember plastik.

“Tersangka yang kami amankan berinisial FHK alias Edy (64) warga Kelurahan Danowudu, Kecamatan Ranowulu Kota Bitung,” ucap Kasat.

Kasat Reskrim menjelaskan, “Kronologi kejadian tersebut yaitu, pada tanggal (14/08/19) tersangka Edy (64) membuka lahan untuk pertanian disekitar lokasi tersebut dan tersangka membakar sisa-sisa rumput yang kering untuk menakut-nakuti hama babi hutan yang mengganggu tanaman jagung milik tersangka,” ucap Kasat.

Lanjutnya, “Sebelum kembali ke rumah, tersangka sudah sempat mematikan api yang dinyalakannya dengan menyiram air tetapi, tanpa disadari api masih terus menyala ditambah lagi tiupan angin yang begitu kencang membuat api semakin cepat membesar sehingga pada keesokan harinya tanggal (15/08/19) api sudah sangat besar,” jelas Kasat.

Baca Juga:  Kompol Alkat Karouw: Pancasila Anugerah Tiada Tara

Berkat kesigapan dari petugas Manggala Agni yang khusus untuk mengatasi kebakaran hutan dan dibantu dari petugas Pemadam Kebakaran, TNI, Polri juga didukung oleh LSM dan pecinta lingkungan, maka api dapat segera dipadamkan.

Setelah diukur dengan menggunakan GPS, dampak dari kejadian tersebut seluas 0.16 HA Hutan Cagar Alam Duasudara yang berada di Kelurahan Batu Putih Bawah Kecamatan Ranowulu kota Bitung mengalami kebakaran.

Tersangka akan kami jerat dengan Pasal 78 ayat 3, Subsider Pasal 78 ayat 4. Contoh Pasal 50 ayat 3 huruf B. UU 41Tahun 1999 tentang Kehutanan atau Pasal 187 KUHP subsider Pasal 188 KUHP dengan ancaman 5 Tahun penjara.

(Ebyx)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *