Wali Kota Bitung Teken Perjanjian Kerjasama Dengan PT BSG dan PT PLN UIW Suluttenggo

BITUNG,MANADONEWS.co.id- Walikota Bitung Maxmiliaan J Lomban SE. M,Si menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pengelolaan keuangan antara Pemerintah Kota Bitung bersama Bank SulutGo, dan PT. PLN (Persero) Suluttenggo,Rabu (21/8/2019) di balai pertemuan umum kantor Walikota Bitung.

Adapun proses penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Walikota Bitung, Direktur Pemasaran PT Bank SulutGo Machmud Turuis dan PT PLN (Persero) UIW Wilayah Suluttenggo yang diwakili oleh Manager UP3 Manado Andre.P.R.Lengkong dan turut disaksikan oleh Sekdakot Bitung Audy Pangemanan, para pimpinan SKPD,Camat dan Lurah se-Kota Bitung serta pejabat PT PLN UIW Sulutenggo.

Walikota Bitung Max Lomban dalam sambutannya antar lain mengatakan bahwa tujuan dari perjanjian kerjasama ini dalam rangka meningkatkan sistem pemerintahan ke arah yang lebih baik khususnya dalam pengelolaan sistem keuangan.

“Model kerjasama seperti ini merupakan hal pertama yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut” konsep kerjasama ini merupakan tindak lanjut karena beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan penanda tangan nota kesepahaman dengan Menteri keuangan RI.

Lomban menambahkan melalui kerja sama itu dijabarkan tentang komitmen bersama menjaga dan meningkatkan efektifitas pengelolaan keuangan baik penerimaan maupun pengeluaran keuangan negara termasuk daerah di semua sistem pemerintahan yang ada.

Baca Juga:  Kasus Caleg Pengedar Upal Terus Berproses

Dia menjelaskan bahwa mekanisme transaksi dimana semua pembayaran dalam bentuk non tunai yang sudah dilakukan pemerintahan kota Bitung sejak tahun 2007 silam, dengan motivasi efektifitas pendapatan tetapi juga dalam rangka pengendalian dengan adanya hal – hal yang tidak diinginkan.

“Pemerintah kota Bitung menyambut baik kebijakan PT. PLN SulutTenggo didalam melakukan pembayaran tagihan dalam bentuk non tunai lewat Bank SulutGo sebagaimana juga telah dilakukan oleh pemkot Bitung selama ini,” katanya.

Semua ini, lanjut Lomban, untuk menjamin kelancaran pembayaran kepada pihak ketiga baik internal maupun eksternal dalam bentuk non tunai.

Pada akhir sambutannya Lomban berharap inovasi seperti ini dapat tertular ke daerah lain untuk segera diadopsi dalam rangka menuju penatakelolaan sistem keuangan yang akuntabel untuk pemerintahan yang lebih baik.

Sementara itu Direktur Pemasaran PT Bank SulutGo Machmud Turuis kepada media ini menuturkan bahwa pada prinsipnya perjanjian kerjasama ini sebagai langkah lebih meningkatkan proses pembayaran tagihan non tunai yang selama ini telah terjalin antara PT Bank SulutGo dengan Pemerintah Kota Bitung. “Pemkot Bitung merupakan salah satu pemegang saham PT Bank SulutGo yang paling potensi dan turut berkontribusi bagi kemajuan Bank SulutGo selama ini.”tandas salah seorang pejabat senior PT Bank SulutGo saat ini.(nando)

Baca Juga:  Kumendong Pembina Upacara Pemeriksaan Bendera dan Teks Proklamasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *