Lumapow Tekankan Pentingnya Pengelolaan Aset Desa

MINSEL, MANADONEWS – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Minahasa Selatan Hendrie Lumapow menekankan akan pentingnya penataan aset desa yang profesional.

Hal ini diungkapkan Kadis PMD ketika menghadiri Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Aset Desa Tahun 2019 di Swiss Bel Hotel Jakarta , Kamis (19/9).

Dalam Rakernis ini, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, DR. Nata Irawan memimpin serta memberi materi bagi seluruh peserta yang hadir selama 3 hari , 18-20 September 2019.

Lumapow mengatakan yang menjadi pembahasan penting dalam Rakernis ini selain penataan aset desa harus lebih profesional juga dibahas tentang penguatan Bumdes.

” Jadi pokok materi dalam Rakernis ini adalah penataan aset desa harus lebih profesional serta penguatan Bumdes harus lebih ditingkatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa,”jelas Lumapow.

Lebih jauh ia menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Pengelolaan Aset Desa disebutkan bahwa Pengelolaan Aset Desa merupakan Rangkaian Kegiatan Mulai Dari Perencanaan, Pengadaan, Penggunaan, Pemanfaatan, Pengamanan, Pemeliharaan, Penghapusan, Pemindahtanganan, Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian Aset Desa.

Baca Juga:  CEP Buka Puasa Bersama Warga Muslim Sapa Raya

Pengelolaan Aset Desa dilaksanakan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai.

“Jadi diharapkan pemerintah desa dengan kewenangan otonominya harus mampu mengelola dan memanfaatkan aset desa secara optimal guna mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.

(DArK)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *