Anjing Luar Daerah Berpotensi Bawa Rabies di Tomohon

TOMOHON, MANADONEWS – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold Lolowang menginformasikan kepada masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi daging anjing yang dibawa dari luar Kota Tomohon. Seperti dari Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Selatan serta daerah sekitarnya.

“Masyarakat harus tahu bahwa bahaya mengkonsumsinya. Konsumsi daging anjing berpotensi menyebabkan penyakit rabies pada manusia dan hewan,” ungkap Lolowang, di sela rapat meminimalisasi perdagangan dan konsumsi hewan penular rabies, Jumat (20/9) di Kantor Pertanian dan Perikanan Tomohon.

Daging-daging ini, kata dia, dibawa ke Tomohon dengan kondisi 90 persen mati. “Ditaruh es untuk pengawetan dalam perjalanan beberapa hari ke Tomohon,” kata dia.

“Jadi proses pembusukan telah terjadi sehingga mengandung banyak bakteri yang tentu sangat tidak baik untuk kesehatan alias rentan penyakit utamanya rabies,” tuturnya.

Menurutnya, hanya sekitar 10 % anjing dalam keadaan hidup, tapi kesehatannya belum tentu terjamin karena bisa saja berpenyakit rabies. “Apalagi saat ini musim panas, jadi hewan-hewan ini lebih rentan penyakit dan tak layak untuk dikonsumsi,” beber dia.

Baca Juga:  Buka Porseni Politeknik se-Indonesia, Gubernur Ajak Junjung Tinggi Sportivitas

Ada baiknya, lanjut Lolowang, masyarakat mengurangi konsumsi daging RW atau hewan penular rabies dari luar Tomohon. “Ini untuk Kesehatan dan kecintaan pada hewan peliharaan,” tandasnya.

(Youngky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *