Example floating
Example floating
Berita UtamaTomohon

Rakor Karhutlah Bahas Arahan Presiden Jokowi

×

Rakor Karhutlah Bahas Arahan Presiden Jokowi

Sebarkan artikel ini

TOMOHON, MANADONEWS – Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) GOR Babe Palar, Rabu(25/09). Rakor dihadiri Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman.

Ada beberapa poin penting arahan Presiden Republik Indonesia mengenai Pengendalian Karhutlah tanggal 6 Agustus 2019 yang dibahas.

MANTOS MANTOS

Yakni, deteksi dini harus terus dilakukan pencegahan yang tidak paling penting. Sehingga jangan sampai sudah terjadi kebakaran besar baru mencari solusi, tanggap apabila menemukan titik api kecil dan tidak meremehkan adanya titik panas. Selanjutnya, penegakan hukum terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan harus dilakukan tegas tanpa pandang bulu, baik perdata maupun pidana. Terakhir, segera mungkin padamkan api. Lebih baik mencegah daripada mengesal kemudian.

Ini merujut pada prediksi cuaca dari BMKG pada maret 2019. Di mana, puncak musim Kemarau pasa bulan september. Berdasarkan data BPBD Tomohon, jumlah total kebakaran sebanyak 50. Di antaranya kebakaran lahan 27 terjadi di 21 titik. Kebakaran Bangunan 15 dan kebakaran selain lahan dan bangunan 8 serta kebakaran kendaraan roda empat.

“Namun pada minggu ini telah turun hujan. Kita berharap akan terus bertahap sehingga mengurangi kekeringan dan resiko-resiko yang tidak kita inginkan,” ungkap Wali Kota Eman.

Wali kota menghimbau masyarakatnya memeriksa keadaan rumah jika hendak bepergian. “Jika meninggalkan rumah untuk dapat mengecek kembali kelistrikan ataupun juga berbagai hal yang berkaitan memicu api,” ujarnya.

“Begitu pun dengan para petani untuk tidak membuat api/ membakar lahan. Jika untuk keperluan penting, harus diperhatikan sebelum pulang dari lahan garapan agar sumber api benar-benar padam. Jangan buang puntung rokok sembarangan,” kata dia.

Mencegah karhutlah Pemkot Tomohon sudah membuat persiapan. Mulai dari menyusun SOP penanggulangan bencana karhutla. Hal ini dilanjutkan dengan melaksanakan rakor jajaran pemkot bersama, TNI, Polri dan organisasi masyarakat terkait.

“Melaksanakan sosialisasi pencegahan, pembentukan satgas penanggulangan, pembentukan posko siaga karhutlah, serta penyiapan logistik dan peralatan,” tuturnya.

“Mari kita sama-sama mencegah dan mengatasi bencana karhutlah sesuai peran dan fungsi kita masing-masing. Semuanya untuk kesejahteraan dan kemajuan Indonesia khususnya Kota Tomohon,” tukasnya.

Hadir dalam rakor, Anggota DPRD Kota Tomohon Jhony Runtuwene, mewakili Kapolres Tomohon AKP Steven Simbar selaku Kabag Ops, mewakili Dandim 1302 Minahasa Kapten Infanteri Sulistiyo selalu Danramil Tomohon, newakili Kajari Tomohon Christomy Boner SH selaku Kasubsi Perdata dan Tata Usaha Negara, Kepala UPTD unit V Dishut Provinsi Sulut Arie Timbuleng SH, Kepala BPBD Kota Tomohon Drs Robby Kalangi SH MM, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan para undangan terkait.

(Youngky)

Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *