Pemkot Tomohon Timbah Ilmu di Yogyakarta

TOMOHON, MANADONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon berkunjung di Yogjakarta, Selasa (8/10). Selayang pandang dipimpin Asisten Administrasi Umum Dra Lily Solang MM didampingi Kabag Organisasi Harny Korompis SE, diikuti 52 orang peserta.

Maksud dan tujuan meniru apa yang telah diterapkan di Kota Jogyakarta terkait penilaian tentang e-kinerja, sakip, anjab, PMPRB (Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi) dan yang lainnya.

Hal ini berkaitan dengan potensi Kota Tomohon di bidang investasi, pariwisata, pemerintahan dan perdagangan.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Kesra Wali Kota Yogyakarta Wirawan Harto Yudho SH MM memaparkan keistimewaan Yogyakarta. Mulai dari kota pendidikan dan kepariwisataan yang terkenal.

Kota Yogyakarta memiliki Potensi 163 pantai dan Potensi pendidikan dan pariwisata tersebar di 14 kecamatan. Luas jogya 35,5 km persegi 417 ribu penduduk. APBD 2,7 triliun, sedangkan PAD 650 milyar.

Reformasi birokrasi sejak 2015 assesor, agent of change, pola pikir budaya kerja, telah diterapkan. Merit sistem diterapkan secara bertahap dan nama jabatan telah ditetapkan tidak lagi ada nama jabatan staf di Yogyakarta.

Baca Juga:  Sah! Gubernur Sulut Umumkan UMP 2016 Rp.2.598 Juta

“Kami sangat senang menerima kunjungan ini, dan walikota Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini. Nantinya kita sharing tentang praktek-praktek yang terbaik bagi kemajuan bersama,” ungkapnya.

Dia juga memuji keindahan Kota Tomohon. “Kota Tomohon indah dan diapit dua gunung dan indah. Penduduknya ramah dan saya pernah ke sana,” kata dia.

Berikutnya, berlangsung tanya-jawab tentang merit sistem. Di mana, Reformasi Birokrasi, Anjab dan SK diberlakukan sejak 2010. Tim assesor telah disusun 10 Perangkat Daerah Anjab di tempat ini sudah SK wali kota.

Keesokan hari, Rabu (9/10) Pemkot menuju ke lokasi kegiatan yakni di Kantor Inspektorat dan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Yogyakarta.

“Mudah-mudahan bermanfaat banyak bagi pemerintah Kota Tomohon kata narasumber dari Inspektorat dan Badan Kepegawaian,” tukas Lili Solang. Hadir sebagai peserta, Kabag Umum, para Sekretaris, Kasubag, bendahara & operator. (Youngky)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *