Kunjungi Minsel, Kemenko Polhukam Pantau Kesiapan Pilkada 2020

MINSEL, MANADONEWS – Untuk meninjau pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) yang dipimpin Asisten Deputi Penguatan Partai Politik dan Pengolahan Pemiluka, Yusran Yunus, mengunjungi Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kamis (10/10).

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minsel Denny Kaawoan bersama Kaban Kesbangpol Minsel Benny Lumingkewas, Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK dan Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo menerima tim dari Kemenko Polhukam ini.

Setelah selesai menggelar pertemuan, Yusran Yunus mengatakan kunjungan ini untuk memantau sejauh mana persiapan Minsel menghadapi Pilkada serentak tahun 2020.

“Ini merupakan kelanjutan dari tahapan yang sudah dilakukan. Tahapan KPU kan dikatakan 1 Oktober sudah masuk tahapan tanda tangan antara KPU dan pemerintah daerah, terkait NPHD. Ini sudah dirapatkan di Kemendagri minggu kemarin bersama 270 Kabupaten/Kota dan 9 Provinsi, sehingga tanggal 1 Oktober dimundurkan menjadi tanggal 14 Oktober,” jelas Yusran Yunus.

Dia menambahkan bahwa Kemenko Polhukam bersyukur Kabupaten Minsel sudah ada kesepakatan dana untuk Pemilu.

Baca Juga:  Deklarasi Kampanye Damai Sore Nanti Dengungkan 4 Penolakan

“Kami sudah dengarkan di dalam rapat tadi, sudah disepakati angka dengan KPU dan Bawaslu, juga untuk keamanan. Ini akan kami bawa ke Jakarta,” ungkap Yusran Yunus.

Dikesempatan yang sama Sekda Minsel Denny Kaawoan menjelaskan pelaksanaan NPHD akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Sudah ada kesepakatan besaran anggaran pilkada. Itu akan dituangkan dalam naskah NPHD yang sudah sementara dibuatkan,” terang Kaawoan.

Sementara itu dari sisi keamanan sendiri, Kapolres Minsel AKBP FX Winardi memberi jaminan Kepolisian dan TNI memastikan pelaksanan pilkada akan berjalan aman, tertib sebagaimana yang diharapkan.

Dalam pertemuan ini hadir juga Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga dan Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem.

(DArK)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *