Tiga Pelaku Pencurian ATM Terancam 7 Tahun Penjara

MANADO,Manadonews.co.id-.Tim Opsnal Unit V Ranmor bersama dengan unsur reskrim polsek Sario berhasil mengamankan 3 (tiga) orang pelaku pencurian dengan cara membobol mesin ATM kamis (7/11/2019). Hal tersebut berdasarkan laporan informasi Reskrim Sektor Sario.

Ketiga pelaku tersebut, berinisiap RM (31 ) warga Kelurahan Sumompo Link II Kecamatan Tuminting Kota Manado, GW (29 ) warga Sumompo Link II Kecamatan Tuminting Kota Manado dan WP (29) alamat Perum Viola Watutumou Kecamatan Airmadidi.

Sementata PT Swadharma Sarana Informatika (SIS) adalah pihak yang dirugikan.

Berdasarkan kronogis kejadian, pada hari Rabu (30/10/2019) sekitar pukul 02.10 wita, telah terjadi tindak pidana pencurian, yang dilakukan dengan cara membuka dan membobol mesin atm yang terjadi di wilayah mapanget.

Kejadian tersebut berawal dari rencana ketiga pelaku tersebut diatas dimana pelaku RM selaku petugas Monitoring pada kantor PT SSI meminta Kunci induk mesin ATM kepada lelaki Winly yang merupakan teknisi di perusahaan yang sama.

Kemudian pelaku RM mengajak saudaranya yaitu pelaku GW menyewa sebuah kendaraan SUV jenis Avanza warna Silver. Hingga pada pukul 02.10 wita, kedua pelaku mendatangi sebuah mesin Atm yang berada di kecamatan Mapanget dan membobol mesin Atm tersebut menggunakan kunci pembuka mesin yang di pinjam dari pelaku WP.

Baca Juga:  Wagub Kandouw Hadiri Perayaan HUT ke-7 Desa Tolok I

Setelah mengambil sejumlah uang tunai yang berada di dalam mesin Atm tersebut, kedua pelaku mengembalikan kunci tersebut kepada pelaku WP yang pada saat itu sedang memperbaiki sebuah mesin Atm yang rusak di wilayah Airmadidi.

Kemudian keesokan harinya lelaki WP mendatangi kediaman pelaku RM guna mengambil bagiannya yang berjumlah sekitar Rp 60.000.000, sementara pelaku GW menerima bagian sebesar Rp. 50.000.000, dan sisanya di pegang oleh lelaki RM.

Akibat perbuatan mereka pihak perusahaan PT SSI yang merupakan pihak ke 2 dalam hal pengisian ATM menderita kerugian sekitar Rp 190.900.000.

Setelah mendapat laporan tersebit Tim Opsnal Unit V Rabmor resta Manado bersama dengan unit Opsnal sek Sario yang kebetulan mengenali 2 pelaku yang merupakan karyawan di PT SSI langsung bergerak mencari baket keberadaan kedua pelaku yaitu pelaku WP dan RM.

Sekitar pukul 16.00 wita tim Opsnal berhasil mengamankan kedua pelaku, selanjutnya di lakukan pengembangan guna mengejar pelaku ketiga yaitu lelaki GW.

Dan akhirnya sekitar pukul 20.15 wita pelaku GW berhasil diamankan di sebuah Cafe di kawasan Mega Mas.

Baca Juga:  Hadapi Tahun Politik 2019,Nasdem Bolmong 'Jual' Caleg Berkualitas

Dari penangkapan ketiga pelaku berhasil disita sejumlah uang tunai yang merupakan hasil dari perbuatan pidana ketiganya sejumlah Rp 129.000.000.

Menurut Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawansel Saat mengelar konferensi pers kepada sejumlah media bersama Kasat Reskim AKP Tommy Aruan, bahwa berdasarkan pengakuan dari ketiganya bahwa sebagian dari uang tersebut sudah di gunakan untuk berfoya foya.

“Pihak kepolisian sudah mengamankan ketiga pelaku dengan melakukan interogasi serta menyita barang bukti. Ketiga pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara,” ujar Kapolres.
(Ben)