Usul Anggaran Promosi ke Luar Negeri Ditiadakan, Ini Penjelasan Hengky Kawalo

Hengky Kawalo

Manado – Memaksimalkan anggaran Rp. 7 Miliar untuk pelaksanaan Manado Fiesta 2020, anggota DPRD Kota Manado, Hengky Kawalo, meminta kepada pemerintah kota dapat memanfaatkan pihak swasta.

Demikian dikatakan Hengky Kawalo kepada wartawan Manadonews di sela rapat paripurna pembahasan tingkat I APBD 2020 di ruang rapat paripurna DPRD Kota Manado, Senin (18/11/2019) siang.

“Pemerintah harus bangun koneksitas dan sinergitas dengan pihak swasta seperti perhotelan, perbankan dan perusahaan lainnya,” jelas Hengky Kawalo.

DPRD menurut Hengky Kawalo, sangat mengharapkan peran sektor swasta pada pembangunan pariwisata daerah melalui bantuan dana pada event pariwisata.

“Mungkin bisa melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility). Namun perlu diingatkan penganggaran jangan tumpang tindih. Jika sudah dianggarkan melalui sektor swasta, jangan lagi dianggarkan pemerintah,” tandas legislator PDI Perjuangan 3 periode ini.

Hengky Kawalo juga meminta kepada Pemkot Manado melalui dinas pariwisata memaksimalkan anggaran Rp. 7 Miliar pada pelaksanaan Manado Fiesta 2020.

“Untuk menghemat anggaran, promosi di luar negeri saya usul ditiadakan karena mulai 2020 Manado Fiesta masuk 100 kalender pariwisata nasional. Nah, promosi ke luar negeri itu tugas kementerian pariwisata,” tukas Hengky Kawalo.

Baca Juga:  Wagub Minta Bupati VAP Majukan Pariwisata Minut

Lanjut Hengky Kawalo, event pariwisata di daerah termasuk Manado Fiesta harus menghasilkan output positif untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Nah, di sini peran dinas pariwisata untuk mendorong masyarakat menghasilkan merchandise (barang dagangan) berupa souvenir dan produk khas daerah. Jangan sampai masyarakat kita hanya menyaksikan saja tanpa melakukan apa apa,” pungkas Kawalo.

(YerryPalohoon)