KPU Sulut Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2020

TOMOHON, MANADONEWS – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dilaksanakan di Grand Master Tomohon, Senin (06/1).

Bimtek yang akan berlangsung hingga 8 Januari ini, merupakan kegiatan perrdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh juga mengucapkan terima kasih kepada KPU Tomohon yang sudah bersedia menjadi tuan rumah.

“Memang sudah menjadi sebuah tradisi yang harus kita bangun, kalau melaksanakan kegiatan tingkat provinsi tidak harus di ibu kota provinsi atau di Kota Manado. Ini juga menjadi suatu bentuk silahturahmi dari kami. Dan, itu sudah terjadi pada kegiatan-kegiatan di tahun sebelumnya yakni dilaksanakan di beberapa daerah di luar Kota Manado,” ucapnya.

Sementara itu, terkait Bimtek ini, Mewoh mengatakan, tahapan Pemutakhiran Data Pemilih pada Pilkada 2020 ini harus diawali dengan Bimtek, karena tahapannya akan segera dimulai sejak awal bulan ini.

“Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tahapan ini yang dimulai dengan Bimtek pada saat ini. Setelah ini, juga akan ada Rapat Koordinasi (Rakor) dan Rapat Kerja (Raker),” tuturnya.

Baca Juga:  Pencuri 390 Motor Terhenti di Tangan Tim Tambora

Lanjut dia, total waktu pemutakhiran data pemilih ini selama 258 hari. Ini merupakan tahapan yang sangat panjang dan paling panjang dalam tahapan Pilkada 2020. Sebab, pada akhir-akhir ini, Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih menjadi tahapan paling banyak yang dipersoalkan oleh berbagai pihak.

“Maka dari itu, prinsip daftar pemilih dan hal teknis lainnya harus diperkuat. Kami berharap ini juga tidak menjadi persoalan dalam Pilkada 2020 nanti. Banyak hal terkait pemutakhiran data yang perlu dipersiapkan sejak awal. Semoga di tahun 2020 ini menjadi kesuksesan bagi kita semua dalam menyelenggarakan Pilkada Serentak,” pungkasnya.

Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut menyatakan, ini menjadi suatu kehormatan bagi jajarannya karena Bimtek ini dilaksanakan di Kota Sejuk ini, dan pihaknya dipercayakan menjadi tuan rumah.

“Meskipun lokasi kegiatannya sedikit sulit untuk ditemukan oleh rekan-rekan komisioner kabupaten/kota lainnya, namun setelah berada di lokasi rekan-rekan bisa dimanjakan dengan kesejukan dan keindahan alam di kota ini,” ucap Lasut.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada KPU Sulut yang sudah mempercayakan kami menjadi tuan rumah. Dan, mewakili komisioner KPU Tomohon saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dari KPU Kabupaten/Kota se- Sulut yang hadir,” tukasnya. (Youngky)

Baca Juga:  Dinas kota Tomohon gelar pawai boca.