Ajang Rakernas Lusa, DPP PDI Perjuangan Bakal Umumkan 44 Calon Kepala Daerah?

JAKARTA,MANADONEWS.co.id — Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di Jakarta, 10-12 Januari mendatang akan mengumumkan sebanyak 44 calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Serentak 2020.

“Dalam Rakernas nanti juga ada kemungkinan beberapa daerah akan kami umumkan,” kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan para calon kepala daerah yang akan diusung PDIP itu sudah diputuskan oleh Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, berdasarkan proses penjaringan.

“Dimana kami targetkan bahwa pada awal Januari itu sudah ada beberapa daerah yang bisa diputuskan ya. Itu sekitar 44 calon kepala daerah,” kata Hasto.

Selain itu, Hasto mengatakan gelaran Rakernas I itu akan dibarengi dengan perayaan puncak HUT ke-47 PDIP.

Rakernas PDIP akan mengambil tema ‘Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional’ dengan subtema ‘Strategi Jalur Rempah dalam Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari’.

Rakernas PDIP juga berencana memasukkan program riset, inovasi dan penguasaan teknologi dalam haluan negara yang tengah dirancang oleh MPR. Menurutnya, ketiga aspek tersebut sangat penting untuk mengolah seluruh sumber daya nasional Indonesia.

Baca Juga:  Jadi Pembicara, Lukman Beber Soal Kembalinya Negara Federal Dalam Forum Ini

Tak hanya itu, Hasto mengatakan PDIP akan merancang bagaimana haluan negara mampu membuat Indonesia menjadi negara yang berdikari di sektor pangan, obat-obatan dan energi ramah lingkungan.

“Serta mampu mendayagunakan seluruh kekayaan flora-fauna dalam keseimbangan dengan lingkungan hidup agar tetap asri dan sehat bagi kehidupan,” tambah Hasto.

PDIP berencana menggelar penghijauan di sepanjang aliran Sungai Citarum, Jawa Barat usai Rakernas atau pada 2 Februari 2020 mendatang.

Penghijauan dilakukan agar Sungai Citarum menjadi urat nadi sumber air bersih bagi warga Jawa Barat.

(*/nando)