Presiden Singapura Anugerahi Penghargaan kepada Mendagri Tito Karnavian



Singapura, Manadonews.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, dianugerahi penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang oleh Presiden Singapura Halimah Yacob.

Penghargaan diberikan langsung di Istana Singapura, Rabu (15/1/2020), turut dihadiri sejumlah Menteri Singapura dan Kepala Kepolisian Singapura.

Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang diberikan sebagai pengakuan dan apresiasi atas peran penting Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, dalam memajukan hubungan bilateral dan kerja sama antara Kepolisian RI dan Kepolisian Singapura. Penghargaan juga diberikan atas kontribusinya dalam keselamatan dan keamanan kedua negara.

Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, memulai karirnya sebagai bagian dari Kepolisian Republik Indonesia pada 1987. Dia naik pangkat dan memegang berbagai jabatan kunci, termasuk Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), sebelum penunjukkannya sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pada 13 Juli 2016. Kini, Prof. H.M Tito Karnavian, Ph.D telah menjabat sebagai Mendagri sejak 23 Oktober 2019.

Di bawah kepemimpinan Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, pada saat menjadi Kapolri hubungan bilateral antara Kepolisian RI dan Kepolisian Singapura, hal ini dilihat dari kerja sama yang kuat di bidang pemberantasan kejahatan lintas negara dan penanggulangan terorisme. Hal ini juga semakin meningkatkan efektivitas operasional kedua institusi kepolisian Indonesia dan Singapura, selain itu juga berkontribusi untuk menjaga kedua negara aman dan nyaman.

Hubungan yang hangat dan kolaboratif merupakan cerminan yang diyakini kuat oleh Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. Menurutnya, dengan bekerja sama secara erat, kedua Kepolisian dapat lebih menjamin keselamatan dan keamanan negara masing-masing.

Selain pemberian penghargaan, Mendagri juga menghadiri sejumlah pertemuan diantaranya pertemuan dengan Kepala Polisi Singapura, pertemuan dengan Senior Minister Singapura, pertemuan dengan Mendagri Singapura dan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura. Turut mendampingi Mendagri,
Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum/Kapuspen Kemendagri Dr. Bahtiar, Staf Khusus Kastorius Sinaga, Apep Fajar dan Jonatan Tahir.

(***/YerryPalohoon)

Baca Juga:  Mendagri: Pemerintah Segera Umumkan Pembatalan Ribuan Perda Bermasalah