Sangat Berjasa, Tito Karnavian Terima Penghargaan Tertinggi dari Presiden Singapura



Singapura, Manadonews.co.id – Dalam sebuah acara resmi kenegaraan yang berlangsung di Istana Negara Singapura, Rabu (15/1/2020), pukul 12:30 waktu setempat, Presiden Singapura, YM Halimah Yakob, menyematkan penghargaan tertinggi Pemerintah Singapura “The Distinguished Service Order” kepada Mendagri Prof. Dr. Tito Karnavian, Ph.D.

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Singapura kepada tokoh dan pemimpin negara yang berjasa membangun kerjasama erat dan hubungan bilateral antar negara.

Mendagri Tito Karnavian dipandang oleh pemerintah Singapura sangat berjasa dalam mengembangkan kerjasama bilateral antara Singapura dan Indonesia khususnya dalam memelihara keamanan kedua negara seperti pemberantasan kejahatan transnasional dan operasi kontra terorisme.



Khususnya saat menjabat sebagai Kapolri, Mendagri Tito Karnavian dipandang berperan besar membawa hubungan bilateral RI-Singapura ke tingkat yang sangat erat dan kondusif. Selain itu, di era kepemimpinan Tito Karnavian, pengembangan kapasitas kerjasama kepolisian RI dan SPF sangat baik, khususnya dalam hal pengembangan kapasitas serta pendidikan para perwira. Banyak perwira polisi dari Singapura mendapat pendidikan di pusat pendidikan kepolisian di Indonesia.

Pemerintah Singapura mengharapkan Mendagri Tito tetap berkomitmen memelihara kerjasama yang sudah erat tersebut di masa depan utamanya saat dia menjabat Menteri Dalam Negeri seperti saat ini. Hal ini diungkapkan langsung oleh PM Singapura Lee Hsien Loong kepada Mendagri Tito dalam pertemuan ke dua toko ini di sela acara pemberian penghargaan.

Setelah penghargaan disematkan oleh Presiden Singapura, acara ramah tamah digelar oleh Presiden Singapura dan jajaran pejabat teras oemerintah Singapura. Tri Suswati Karnavian, isteri Mendagri Tito Karnavian, turut mendampingi pada acara pemberian penghargaan tersebut, disamping Duta Besar RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya, Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, Kepala Biro Fasilitas Kerjasama Kemendagri, Nelson Simanjuntak dan tiga staf khusus Mendagri, yaitu Kastorius Sinaga, Apep Fajar Kurniawan dan Jonatan Tahir.

(***/YerryPalohoon)

Baca Juga:  Batu Bersimbol 'Watu Pinantik': Bagian Sejarah Katolik Sulawesi Utara yang Terabaikan