Cegah Kanker, Ritha Dondokambey-Tamuntuan Ajak Perempuan Sulut Lakukan Tes IVA

Sulut Ir Ritha Dondokambey-Tamuntuan dandr Kartika Devy Kandouw-Tanos, saat mengunjungi salah satu Puskesmas di Kabupaten Talaud. (ist)
Ir Ritha Dondokambey-Tamuntuan dan dr Kartika Devy Kandouw-Tanos, saat mengunjungi salah satu Puskesmas di Kabupaten Talaud. (ist)

MANADO, MANADONEWS – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsu Sulut Ir Ritha Dondokambey-Tamuntuan, membuka secara resmi program nasional Gerakan Pencegahan Kanker Pada Perempuan Indonesia.  Adapun program ini merupakan inisiatif awal dari Ibu Negara RI Iriana Widodo, untuk melakukan pencegahan dini terhadap penyakit kanker baik kanker rahim mapun payudara.

“Saya harapkan cepat tanggap, terhadap informasi penyakit kanker baik rahim dan payudara dan memberikan pelayanan secara cepat, agar tidak beresiko fatal khususnya bagi ibu-ibu,” ucap Ibu Ritha, didampingi Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Kartika Devy Kandouw-Tanos, saat memberikan sambutan di Puskesmas Melonguane, Kamis (21/4) lalu.

Tak hanya itu, sesuai arahan Ibu Negara dalam pencanagan program ini dimana mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berjenjang, dari pusat sampai ke daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) sehingga berharap, selain PKK perlu juga didukung oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Saya minta dukungan juga dari dinas terkait, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Sulut,” ujarnya.
Menurut istri orang nomor satu di Sulut, pentingnya kesehatan organ wanita makanya perempuan harus sehat, berkualitas dan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kanker dengan melakukan gerakan cegah kanker dengan deteksi dini.

Baca Juga:  Wagub Sulut Hadiri Pelantikan Pelsis Minsel

“Saat ini ada upaya pencegahan kanker dengan tes Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA), dan itu gratis di puskesmas-puskesmas yang telah dipilih Dinas Kesehatan. Makanya mengajak semua perempuan untuk melakukan tes, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.
“Mari selamatkan perempuan Sulut, dari kanker mulut rahim dan kanker payudara,” tutupnya.

 

Comments are closed.

Pilgub 9 Desember 2020


Siapakah Gubernur Pilihan Anda?
3307 votes

This will close in 10 seconds