Di Manado, Bisnis Rumah Kost dan Spa Bersaing Ketat

  • Whatsapp
ist
ist
ist

MANADO, MANADONEWS – Berjalan – jalan di Kota Manado, setiap mata akan dengan mudah menjumpai bangunan, baik rumah biasa maupun gedung bertingkat yang dibisniskan sebagai tempat kost. Percaya atau tidak bisnis rumah kost di Manado memang tergolong ‘laris manis.’ Mulai dari yang bertarif sederhana hingga tarif sekelas VIP menyebar di banyak titik.

Kalau dibilang populer, agaknya logis. Bayangkan saja. Ada orang yang beralamat di Manado bagian utara, lantaran sekolah/kuliah atau kerja di Manado bagian tengah atau selatan, lebih memilih indekost.
Alhasil rumah kost lantas tidak pernah sepi penghuni. Soal ada yang berniat ‘off” atau keluar, kandidat pengganti sudah antri. Keluar itu pun, terkadang pindah tempat kost sehingga intinya, tetap ‘ngekost.’
Selain bisnis rumah kost, Manado juga telah dibanjiri bisnis Spa dan shiatsu. Kedua bisnis ini tentu saja berbeda karakter tapi punya banyak kemiripan. Orang yang ‘ngekost‘ dan orang yang masuk ke tempat spa, pastilah ingin memperoleh kenyamanan.
Kemiripan lannya, semakin banyak ‘peminat,’ tentu pemilik kost dan Spat kian lega dalam hal income.
Penelusuran manadonews.co.id ada area yang didominasi oleh tempat kost, misalnya di seputaran Kleak, Kampus Ranotana, Bahu, Malalayang atau yang berdekatan dengan pesekolahan dan lembaga pendidikan. Sebaliknya ada kawasan yang dipenuhi tempat Spa seperti di jalur Boulevard, Belakang Stadion Klabat. seputaran Rike, Pakowa dan Tikala yang boleh dibilang sebagai  sentra tempat Spa lantaran jumlahnya yang relatif banyak.
Saking larisnya kedua bisnis ini, terungkap kalau satu owner bisa memiliki lebih dari satu rumah kost dan atau tempat spa. Bahkan hal ini cenderung memperlihatkan adanya ‘kompetisi’ di antara kedua bisnis ini.
“Bos di sini punya tiga tempat Spa,” kata salah satu terapis sambil menyebut nama – nama tempat Spa dimaksud.
Fik

 

Baca Juga:  Yasti Tekankan Izin Tambang Lewat Pemprov Sulut. Olly : Saya Sarankan Usul Izin WPR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *