Sumendap: Kita Sekarang sudah Sejajar dengan Daerah Lainnya

James Sumendap (kiri)
James Sumendap (kiri)

RATAHAN, MANADONEWS  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) akhirnya keluar dari ‘keamburadulnya’ dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah. Hal ini terlihat lewat keberhasilan Pemkab di bawah kepemimpinan Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Ronald Kandoli yang diganjar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut, pekan lalu.

Hebatnya, keberhasilan tersebut didapat hanya dalam waktu dua tahun sembilan bulan. Hal ini ikut memupus citra yang ‘identik’ dengan disclaimer akibat dosa pemimpin Mitra sebelumnya. Diketahui, selama enam tahun berturut-turut sejak dimekarkan, daerah tersebut tidak mendapatkan opini dari lembaga auditor negara atau disclaimer.

“Ini merupakan capaian tertinggi yang diberikan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) bagi pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Dan Minahasa Tenggara telah mendapatkannya,” kata Sumendap pada Apel dalam rangka syukuran keberhasilan mendapatkan WTP pertama di Kantor Bupati, Senin (13/6).

Bupati menuturkan capaian tersebut membawa Minahasa Tenggara sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Sulut yang telah mendapatkan opini WTP dari BPK.

“Kita sekarang sudah sejajar dengan daerah lainnya. Jadi tidak perlu malu lagi karena sekarang kita sudah disegeni dengan capaian saat ini, apalagi WTP kita ini murni tanpa catatan atau tuntutan ganti rugi bagi ASN atau pun pihak ketiga,” kata Bupati.

“Raihan ini bukan hanya hebatnya saya selaku bupati, atau Wakil Bupati, Sekda sampai kepala-kepala SKPD melainkan ada hasil kerja keras dari seluruh ASN Minahasa Tenggara,” tandasnya.

Menariknya dalam merayakan syukur tersebut sejumlah ASN pria mengikuti penampilan Bupati yang duluan sudah membotakkan rambutnya karena telah mendapatkan opini WTP dari BPK. Bahkan sejumlah pegawai yang belum sempat mengunting, ramai-ramai membotakkan rambutnya.

“Ini merupakan ujud syukur dari para pegawai, karena dengan kerja keras hasilnya kita mendapatkan WTP. Makanya kita juga ikut membotakkan rambut,” kata Juru Bicara Pemkab Minahasa Novry Raco.

Baca Juga:  Persiapan Finalisasi LKPJ 2018, Mangala Pimpin Rakor