Penerima Bantuan Banjir Bandang 2014 Ikut Pelatihan Pokmas

  • Whatsapp
Peserta pelatihan Pokmas/foto:manadonews/yuro
Peserta pelatihan Pokmas/foto:manadonews/yuro
Peserta pelatihan Pokmas/foto:manadonews/yuro

MANADO, MANADONEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado melalui tenaga ahli dan fasilitator mengelar pelatihan untuk Kelompok Masyarakat (Pokmas) penerima Bantuan Banjir Bandang 2014 di Hotel Sahid Teling, Rabu (22/6/2016).

Pelatihan ini bertujuan agar penerima tahu mengelola dan melaporkan Bantuan Dana Rumah (BDR) yang akan diterimanya serta mengetahui tentang pencegahan bencana.

Bacaan Lainnya

Alexander Japasal Warga Tikala Baru menuturkan pelatihan ini penting terutama materi tentang system pencairan dana bantuan supaya tidak bermasalah dengan hukum.

“Kami senang mengikuti materi ini khususnya materi tentang pencairan dana supaya jangan bantuan ini malah jadi masalah bagi kami,” kata Ketua Pokmas 1 Kelurahan Tikala Baru ini.

Japasal yang vokal dalam pelatikan ini berharap semua hasil diskusi mereka bisa diperhatikan pemerintah setempat. Terutama solusi yang mereka tawarkan supaya bisa direalisasikan bersama.

“Semoga uneg-uneg kami, hasil diskusi kami tidak hanya jadi angina lalu tapi bisa diperhatikan pemerintah,” tegas pria berambut putih ini.

Sebelumnya, memang banyak warga korban banjir bandang 2014 yang sudah merasa pesimis dengan ‘proyek banjir bandang’ yang diperjuangkan Pemkot Manado ini.

“Sudah dua tahun kami menanti jadi kalau memang ada tentu sangat bersyukur. Semoga bantuan ini segera cair kalaupun untuk membangun rumah kami yang masih rusak atau menganti biaya rehabilitasi rumah kami yang hancur karena banjir bandang lalu tentu kami bersyukur,” tambah Ibu Betty Nayoan peserta lainnya.

Ketua Tim Ahli Bidang Pelatihan Christian Lumintang mengatakan pelatihan ini memang bukan hanya membahas tentang pencairan dana bantuan tetapi juga memberikan pengetahuan kepada ribuan penerima bantuan banjir yang ada di Manado agar ikut berpartisipasi aktif dalam mitigasi bencana.

“Masyarakat kalau hanya ambil bantuan itu gampang sekali tetapi pelatihan ini mewajibkan masyarakat khususnya korban banjir yang tahap ini akan menerima bantuan supaya menjadi duta-duta anti banjir bandang. Tentu kami berharap materi yang mereka dapatkan bisa dilakukan dan disosialisasikan kepada masyarakat disekitar rumahnya,” ujar pria yang merupakan perwakilan BNPB Manado untuk proyek penyaluran bantuan Insitu ini.(*/yURO)

 

Baca Juga:  Dondokambey Pimpin PEPABRI Manado

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *