BMKG; Waspada Gelombang Tinggi di Jalur Mudik Laut

  • Whatsapp
Informasi gelombang tinggi di jalur mudik laut. | BMKG
Informasi gelombang tinggi di jalur mudik laut. | BMKG
Informasi gelombang tinggi di jalur mudik laut. | BMKG

JAKARTA, MANADONEWS Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap kondisi cuaca dan gelombang tinggi. Himbauan tersebut disampaikan terutama untuk para pemudik yang hendak menggunakan mode transportasi laut.

Dalam rilis persnya pada Kamis (30/06), Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus S. Swarinoto menyebutkan adanya peningkatan kecepatan angin timuran hingga 50 km/jam yang diprakirakan masih cukup persistent di beberapa wilayah perairan Indonesia bagian tengah dan timur.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hal tersebut dapat memicu pertumbuhan gelombang tinggi yang akan berdampak pada proses arus mudik angkutan lebaran melalui jalur laut, sedangkan untuk selatan Jawa – NTB masih terpantau terjadi gelombang tinggi yang didominasi penjalaran swell (alun) yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis di Samudera Hindia sebelah barat Australia.

Potensi gelombang tinggi lebih dari 2 meter diprakirakan akan terjadi di perairan Indonesia selama puncak arus mudik 1 – 5 Juli 2016.

Baca Juga:  BNPB Imbau Masyarakat Tetap Waspada Bencana Selama Lebaran

Gelombang tinggi tersebut berpotensi terjadi di beberapa wilayah berikut; Perairan utara dan barat Aceh, Perairan barat Kep. Nias dan Mentawai, Perairan Kep. Enggano – Bengkulu, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa – NTB, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Laut Sawu, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Laut Sawu, Perairan selatan Kupang – P. Rote, Laut Flores, Laut Banda, Perairan selatan Ambon, Perairan Kep. Kai dan Aru, Perairan Kep. Babar dan Tanimbar, Laut Arafuru.

Sedangkan untuk penyeberangan utama seperti Merak – Bakaheuni dan Ketapang – Gilimanuk diprakirakan kondisi tinggi gelombang masih relatif aman selama arus mudik.

Dengan kondisi gelombang laut yang masih cukup tinggi dibeberapa wilayah Indonesia, masyarakat dan kapal-kapal yang melintas dihimbau untuk tetap waspada dan siaga terutama wilayah Indonesia bagian timur yang akan melakukan aktivitas penyeberangan antar pulau. Dihimbau untuk selalu memperhatikan informasi terkini terkait cuaca dan gelombang dari BMKG.

Baca Juga:  US Army dan TNI Latihan Bersama di Lanudsri

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh info terkini mengenai informasi cuaca angkutan lebaran 1437 H melalui jalur laut, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam. Masyarakat dapat mengaksesnya melalui:
– call center 0216546315/18,
– maritim.bmkg.go.id/prakiraan/jalur_mudik,
– Posko Angkutan Lebaran 1437 h Kementerian Perhubungan RI,
– Posko Informasi cuaca BMKG Pelabuhan Dermaga II Merak,
– Melalui jejaring sosial BMKG
– atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

[BMKG]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *