Lebaran Semakin Dekat, Pemprov Sulut Pantau Kebutuhan Pokok

  • Whatsapp
Suasana pemantauan harga kebutuhan pokok. (Ist)
Suasana pemantauan harga kebutuhan pokok. (Ist)
Suasana pemantauan harga kebutuhan pokok. (Ist)

MANADO, MANADONEWS -Menjelang hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi, maka Pemprov Sulut dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sulut Drs Sanny Parengkuan MAP, didampingi Kepala Instansi terkait lainnya seperti Kadis Perindag Ir Jenny Karouw, Kadis ESDM Ir Marly Gumalag dan Karo Perekonomian Jane Mendur SE, melakukan pemeriksaan mendadak (Sidak) sekaligus memantau harga sembilan bahan pokok masyarakat (sembakomas) di pasar Bersehati Calaca, dan pasar Segar Paal Dua Kamis, (30/06).
Perengkuan menyebutkan, sidak kali ini bertujuan untuk memantau ketersediaan sembako di pasaran sekaligus mengantisipasi melonjaknya harga barang menjelang Hari Raya lebaran.

“Ketersedian kebutuhan pokok masyarakat stoknya sangat banyak di pasaran, untuk itu masyarakat tak perlu kuatir,” ujar Parengkuan.

Bacaan Lainnya

“Untuk harga barang relatif masih stabil dipasaran, begitu juga terkait dengan  kenaikan harga tidak terlalu tinggi, serta ketersediaan stock masih mencukupi,” tambahnya.

Baca Juga:  Tangkap Peluang Lewat Medsos, Afifa Berjualan Ayam Grepek
Harga kebutuhan pokok yang dipantau langsung oleh Pemprov Sulut. (Ist)
Harga kebutuhan pokok yang dipantau langsung oleh Pemprov Sulut. (Ist)

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Ir Jenny Karouw mengatakan, menjelang Idul Fitri biasanya harga kebutuhan pokok cenderung meningkat karena faktor banyaknya minat pembeli yang akan memenuhi pasar-pasar tradisional ataupun supermarket.

“Untuk itu pemerintah daerah turun kelapangan dengan melakukan sidak dan apabila diperlukan akan dilakukan operasi pasar agar harga kebutuhan bahan pokok tetap stabil,” ujarnya.

Karo Perekonomian Jane Mendur menambahkan, selain mengantisipasi melambungnya kenaikan harga, sidak juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat.

“Harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, dan daging masih dalam batas wajar, walaupun mengalami sedikit kenaikan. Hal ini karena pasokan bahan pokok tidak tergantung dari Pulau Jawa,” ungkapnya.

“Tidak hanya itu, stock ketersedian juga aman sampai Idul Fitri yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi,” tambahnya.

Mendur mengungkapkan, Dinas Kelautan dan perikanan telah melakukan uji apel ikan kakap di pasar segar Paal Dua dan hasilnya tidak berformalin.

Terkait ketersediaan pasokan gas dan minyak tanah untuk keperluan menjelang Idul Fitri, Sales Executive LPG Sulutgo Pertamina Adeka dan Ketua Hiswana Migas Sulut Jhoni Langelo menginformasikan stock yang ada masih tersisa 2500 tabung, dan untuk keperluan minyak tanah stocknya masih tersedia 10k liter.

Baca Juga:  Pemkab Bolsel Pastikan Bantuan Pemerintah Pusat Sampai ke Masyarakat

Untuk diketahui di Pasar Bersehati Harga daging Sapi 95.00/kg, daging ayam 26.000/kg, cabe rawit 18.000/kg, tomat 12.00/kg, bawang putih 36.000/kg, bawang merah 40.000/kg, minyak goring curah 12.000/kg, beras super win 12.500/kg.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *