Pintu Masuk Serbia, Sulut Siap Jajal Eksport Ikan ke Wilayah Balkan

  • Whatsapp
Gubernur Olly Dondokambey dan rombongan foto bersama Dubes Harry Kandouw
Gubernur Olly Dondokambey dan rombongan foto bersama Dubes Harry Kandouw
Gubernur Olly Dondokambey dan rombongan foto bersama Dubes Harry Kandouw

BEOGRAD, MANADONEWS – Kegiatan ekspor ikan Sulawesi Utara (Sulut) siap masuk pasar Eropa Tenggara yang didominasi negara – negara Balkan seperti Bulgaria, Albania, Rumania dan Bosnia.

“Dengan kondisi pegunungan, wilayah Eropa Tenggara sebagian besar terdiri negara Balkan sehingga prospektif untuk ekspor ikan kaleng,” ujar Dubes RI untuk Serbia dan Montenegro Harry Kandouw saat menggelar pertemuan dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, di Hotel Radisson Belgrade, Sabtu (9/7).

Bacaan Lainnya

Peluang itu, kata Kandouw, kian terbuka, lantaran dirinya kerap melihat produk ikan kaleng asal Sulut, khususnya dari Bitung, terpajang di toko – toko di Belgrade.

Jika ikan kaleng Bitung langsung di eksport melalui Serbia, menurut Kandouw, akan lebih ekonomis dan memangkas jalur perdagangan karena tidak lagi menggunakan jalur Eropa Barat seperti yang selama ini dilakukan.

Baca Juga:  Resmi Tinggalkan Polres Bitung, Ini Prestasi AKBP Stefanus Michael Tamuntuan,SIK.Msi

Gubernur Olly sendiri menyatakan dengan jumlah pabrik hampir setengah jumlah pabrik di tanah air ditambah besarnya potensi produksi perikanan mencapai 1.400 ton per hari, peluang ekspor perikanan cukup terbuka lebar masuk pasar Eropa Tenggara.

Guna mewujudkan peluang tersebut, Gubernur meminta 150 buah kapal penyanggah, demi ketersedian bahan baku.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *