Tersangka Pelaku Pembakaran Dego-Dego Restoran dan Souvenir Berhasil Ditangkap Polisi

Nampak tersangka melakukan salah satu adegan dalam peristiwa kebakaran tersebut. (Foto: manadonews/Demsi).
Nampak tersangka melakukan salah satu adegan dalam peristiwa kebakaran tersebut. (Foto: manadonews/Demsi).
Nampak tersangka melakukan salah satu adegan dalam peristiwa kebakaran tersebut. (Foto: manadonews/Demsi).

MANADO, MANADONEWS – Kebakaran yang terjadi pada Rabu (6/7) lalu, yang melahap salah satu restoran ternama di Kota Manado yakni Dego-Dego Restaurant dan Souvenir serta Kantor Redaksi Manadonews.co.id, yang berada di Jalan Wakeke nomor 11, ternyata bukan disebabkan oleh korsleting listrik sebagaimana informasi yang beredar, namun ada pelaku pembakaran yang berhasil diringkus oleh pihak kepolisian.

Pelaku yang diringkus oleh pihak kepolisian tak lama setelah peristiwa kebakaran tersebut terjadi, langsung diamankan dan pada hari ini, (9/7), telah dilakukan pra rekonstruksi yang digelar oleh jajaran Polresta Manado.

Bacaan Lainnya

Pelaku yang diketahui bernama Piere, warga Kelurahan Perkamil Manado, nampak memperlihatkan adegan sehingga terjadinya kebakaran di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Dalam adegan pra rekonstruksi, pelaku yang datang dengan menggunakan sepeda motor langsung memarkir kendaraannya di sebuah Gazebo atau Dego-dego dan langsung menyalakan sebatang rokok.

Baca Juga:  Diresmikan Menkumham Besok, Peserta SMSI Diharapkan Hadir Tepat Waktu
Tersangka saaf proses pra rekonstruksi yang digelar oleh Polresta Manado. (Foto: manadonews/Demsi).
Tersangka saaf proses pra rekonstruksi yang digelar oleh Polresta Manado. (Foto: manadonews/Demsi).

Kemudian pelaku yang diketahui pernah bekerja di restorant tersebut dan sudah sering mampir di TKP, kemudian bergerak menuju kedalam restorant yang kebetulan tidak dikunci setelah ditinggalkan oleh salah satu pekerja resto untuk keluar belanja sekitar Pukul 02.00 Wita, dan melakukan pengisian baterai Handphone, serta menuju kebelakang area dapur dan masuk kedalam toilet.

Sekembalinya dari dalam restorant, pelaku kembali menyalakan sebatang rokok, kemudian meletakkannya diantara kayu gasebo tersebut lalu pelaku mencoba membuka jaket yang dikenakannya.

Disaat membuka jaket tersangka lalu menyambar rokok yang diletakkannya dan percikan bara rokok tersebut, yang menyulut api di atap bangunan itu, kemudian pelaku mencoba mengibaskan jaketnya, namun ternyata malah menyulut api yang kemudian membesar.

Pelaku kembali lagi kedalam restorant menuju kedalam toilet dan membawa sebuah ember yang berisikan air kemudian menyiram gasebo yang sudah mulai terbakar.

Merasa tindakkannya tidak berhasil memadamkan api, pelaku kemudian menaiki sepeda motornya kemudian lari meninggalkan TKP, dimana sudah ada beberapa orang saksi yang berada dilokasi untuk membantu memadamkan api.

Baca Juga:  Demokrasi: Kedaulatan Rakyat atau Martabat Wakil Rakyat

Pelaku yang kemudian diwawancarai, mengakui bahwa dia tidak sengaja melakukan perbuatan tersebut, serta dalam keadaan masih sadar meski diakuinya telah menenggak minuman keras.

Kasat Reskrim Polresta Manado, Kompol Edwin Humokor, menyampaikan bahwa proses pra rekonstruksi tersebut, dilakukan untuk mencocokkan antara keterangan saksi dan pengakuan tersangka.

“Pra rekonstruksi ini dilakukan untuk mencocokkan keterangan tersangka dan saksi serta hasil dari tim Labfor yang akan turun pada besok hari untuk melakukan olah TKP,” ujarnya.

Ditanya terkait dengan ditemukannya tersangka pelaku pembakaran tersebut, Humokor mengakui bahwa tersangka berhasil diamankan dari berbagai keterangan saksi di TKP.

“Tersangka kami amankan dari keterangan saksi dan hasil pengembangan di lokasi kejadian,” ungkapnya.

Meski telah berhasil mendapatkan pelaku yang diduga tersangka dalam kebakaran tersebut, namun Owner Dego-dego Desire Maitimo dan suami Meiky Taliwuna, masih menduga ada otak dibalik peristiwa itu.

“Kami melihat ada keganjilan dalam proses keterangan pelaku, dimana pelaku mengaku bahwa melakukan pengisian baterei handphone dibalik meja kasir, padahal ruangan menuju kedalam area kasir tertutup rapat dan dikunci,” ungkap Meiky.

Baca Juga:  KAHMI Sulut Periode 2020-2025 Resmi Dilantik

Sehingga menurutnya, masih ada motif terselubung dibalik aksi tersebut.

“Kami menduga ada otak pelaku dibalik peristiwa ini,” ucapnya.

Begitupun dengan Pemimpin Redaksi Manadonews Viktor Rarung, yang juga masih meragukan pengakuan tersangka.

“Kami meminta pihak kepolisian untuk menggali lagi keterangan dari tersangka serta melihat lebih dalam lagi terkait dengan peristiwa ini, jangan sampai pelaku hanya disuruh untuk melakukan aksi tersebut hingga membuat peristiwa kebakaran di TKP,” ungkapnya.

Pos terkait