SKPD Manado Diminta Maksimalkan Program CFD

  • Whatsapp
Mor Bastiaan
Mor Bastiaan
Mor Bastiaan

MANADO, MANADONEWS –  Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut melalui Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, SE, SH, STH mengharapkan agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memaksimalkan Car Free Day(CFD) (hari bebas kendaraan) yang diselengarakan setiap Sabtu pagi dari pukul 06.00 sampai 09.00 Wita. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengurangi polusi di udara dan kesempatan menghirup oksigen bersih.

“Semua SKPD harus mensosialisasikan program ini kepada masyarakat. Nanti jika berhasil maka akan dibuat program yang sama di depan Kantor Wali Kota Manado,” ucap Mor dalam rapat pematangan program.

Bacaan Lainnya

Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut dirinya berharap agar tiap instansi memunculkan ide – ide baru, dengan tujuan menarik minat masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan sehat tersebut.

“Masyarakat kota suka dengan hal – hal yang baru dan menarik. Makanya kita harus memiliki ide baru,”beber Mor.

Baca Juga:  Gubernur Olly Dondokambey Gelar Toast Old and New di TKB

Selain bersepeda rencana mereka akan menggelar senam sumba, futsal, promosi makanan daerah, dan sosialisasi Perda sampah.

“Sebenarnya kita butuh inovasi baru, jangan hanya itu – itu saja. Kalau boleh libatkan siswa seperti menyajikan atraksi drum band dan sebagainya,” ungkap Mor.

Dibalik itu ia mengharapkan agar setiap SKPD membentuk tim futsal dan bertanding di lokasi tersebut. Kemudian mengenai peralatan penunjang seperti gawang, dan bola akan disedikan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Manado.

“Saya punya tim futsal, namanya Mortal Kombat, itu gabungan wartawan yang ada di Kota Manado,” kata Mor yang bernomor punggung dua di tim tersebut.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dispora Manado Lenda Pelealu mengatakan, hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan lintas SKPD. Kemudian akan melibatkan mereka baik dalam kegiatan maupun perbandingan tersebut.

“Kegiatan Ini juga akan membuat pegawai bersemangat, apalagi selama lima hari diperhadapkan dengan pekerjaan,”kata Lenda.

Selain itu rencana besar tersebut akan di dukung oleh pihak kepolisian Polresta Manado. Dimana akan ada pembebasan jalan, perubahan jalur sementara waktu dan fokus pembersihan parkiran di trotoar jalan.

Baca Juga:  Rita Tamuntuan Buka Pertemuan Pemberdayaan PKK

“Nanti ada pembebasan jalan lebih kurang tiga kilo meter,”kata Kepala Satuan Lalulintas Polresta Manado, Kompol Roy Tambajong.

Sama juga dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado, Vecky Koagow. Dia berharap agar masyarakat memanfaatkan kesempatan tersebut yang jarang didapatkan di waktu kerja. Apalagi lokasi tersebut dijamin bebas asap dan polusi.

“Manfaatkan kesempatan ini, baik komunitas sejati roda, sepeda, dan sebagainya. Budaya hidup sehat harus dimulai dari sekarang,”tukasnya. (Onal Gampu)

Pos terkait